Begini 3 Keahlian Seorang Animator!
Siker.id | 26 Sep 2022 16:50


Bagikan ke
3 Keahlian Seorang Animator (siker)

siker.id – Menjadi animator kini menjadi pekerjaan yang juga banyak diminati. Terlebih di era digital seperti ini, pekerjaan sebagai seorang animator banyak diminati oleh siapa saja. Para pebisnis ataupun perusahaan juga banyak yang menggandeng animator untuk mempromosikan iklan mereka dengan animasi-animasi yang menarik konsumen. Nah, sebenarnya animator itu apa sih?

Dikutip dari ekrut.com, animator adalah sebutan untuk orang yang bekerja menciptakan desain animasi atau gambar yang berupa ilusi yang ketika diputar bisa bergerak. Gambar-gambar dikumpulkan dalam frame animation yang saat diurutkan, terciptalah ilusi bergerak. Hasilnya ada di kartun, film, iklan media massa, hingga video game.

Nah, apakah kalian tertarik untuk menjadi seorang animator? Sebelum itu, kalian harus paham beberapa keahlian yang dibutuhkan seorang animator, ya! Apa saja? Berikut penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Keahlian Dasar untuk Menjadi Admin HRD

Menguasai Software

Keahlian pertama adalah menguasai perangkat lunak. Dalam membuat desain animasi, seorang animator bukan lagi membuatnya dengan pensil atau cara-cara konvensional lainnya. Sehingga saat ini, animator harus mahir dalam menggunakan software khususnya generasi spesialis.

Misalnya Flash, After Effects, maupun Maia. Beberapa software yang juga sering digunakan animator adalah Adobe Premiere, Adobe After Effects, dan lain sebagainya.

Kerja Sama & Komunikasi

Skill selanjutnya adalah kerja sama dan komunikasi. Maka dari itu, seorang animator harus memiliki skill komunikasi yang baik. Misalnya, untuk menyampaikan storyboard.

Animator juga harus memiliki skill team work atau mau bekerja sama serta terbuka pada saran dan kritik. Mau memberi dan menerima feedback, baik dari sesama animator maupun tim lain. Karena untuk proyek seperti ini, pengerjaannya tidak hanya 1 atau 2 orang, tetapi sebuah tim besar.

Baca Juga: 5 Keahlian Yang Wajib Dimiliki Admin HRD

Story Telling

Keahlian selanjutnya adalah story telling. Animator harus memiliki kemampuan bercerita yang baik. Nah, cerita itulah yang dituangkan melalui penggambaran karakter-karakter dari animasi yang dibuatnya. Kamu harus bisa menentukan tema atau topik cerita, setting atau latar, hingga karakter setiap tokohnya.

Karena animasi yang dibuat harus benar-benar hidup, ekspresif, tidak kaku, serta dibuat dengan detail. Animasi adalah tokoh dengan penokohannya masing-masing.

Nah, itu tadi 3 Keahlian Menjadi Animator yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut Contoh Menuliskan Keahlian dalam CV


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar