Begini 4 Tugas Seorang Brand Ambassador!
Siker.id | 26 Sep 2022 17:00


Bagikan ke
Tugas seorang brand ambassador (siker)

siker.id – Kadang kala kita melihat artis terkenal yang mempromosikan suatu produk. Mereka biasanya juga diangkat sebagai duta atau brand ambassador.

Seorang brand ambassador mempunyai tanggung jawab untuk memperkenalkan produk kepada calon konsumen. Tentu, menjadi seorang brand ambassador harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini akan membantu para konsumen mengenali produk perusahaan.

Nah, selain mempromosikan produk, seorang brand ambassador ternyata juga memiliki tugas lain, lho. Apa saja itu? Begini penjelasannya!

Baca Juga: Ini Dia 4 Manfaat Brand Equity

Mempertahankan Citra Positif

Pertama, seorang brand ambassador harus mempertahankan citra positif. Mereka harus dapat menunjukan citra yang baik pada setiap aktivitasnya. Dengan melakukan hal tersebut, kepercayaan masyarakat akan meningkat terhadap dirinya dan akan berdampak baik kepada citra dari brand yang bekerja sama dengannya.

Memberikan Review Baik

Tugas selanjutnya dari seorang brand ambassador adalah memberikan review yang baik. Setiap orang bisa saja memberi review di media sosial. Namun, review buruk tentu saja tidak bisa dihindari.

Meski demikian, seorang brand ambassador harus tetap memberikan review yang baik dan jujur kepada pengikutnya. Hal ini biasanya sudah menjadi perjanjian antara brand ambassador dengan brand itu sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Membangun Brand Equity

Mempromosikan Brand melalui Akun Media Sosial Pribadi

Tugas ketiga adalah mempromosikan brand melalui akun media sosial pribadi. Kamu mungkin bisa melihat mereka membagikan bermacam konten di media sosial, mulai dari foto promosi, ulasan produk, bahkan video khusus mengenai brand yang mereka iklankan. Lalu jika melakukan promosi di media sosial, apakah brand ambassador sama dengan influencer?

Dari segi aktivitas mungkin terlihat sama, namun poin utama yang membedakan dua profesi ini yaitu, pada jenis kontrak dan durasinya. Biasanya influencer hanya dikontrak untuk satu masa kampanye produk, sedangkan brand ambassador bisa dikontrak dalam waktu yang cukup lama dengan berbagai bentuk kampanye dan promosi.

Menjaga Reputasi

Tugas keempat adalah bagaimana menjaga reputasi. Reputasi sebuah brand bisa saja naik dan turun, tergantung situasi apa yang sedang terjadi. Sebagai contoh, jika media memberitakan hal yang kurang baik tentang brand-mu, reputasi perusahaanmu bisa saja jatuh.

Namun, brand ambassador bisa menjadi seseorang yang mengangkat reputasi itu kembali. Brand ambassador memiliki banyak pengikut yang percaya kepada mereka.

Nah, itu tadi 4 Tugas Seorang Brand Ambassador yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pelajari 5 Tips Membangun Brand Awareness Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar