Cara Baru Cari Kerja Paling Efektif dan Mudah Buat Kamu !
Siker.id | 26 Sep 2022 13:10


Bagikan ke
Cara Baru Cari Kerja Paling Efektif dan Mudah Buat Kamu (siker)

siker.id - Cari kerja memang bukan perkara yang mudah, terkadang meski lowongan kerja ada di mana-mana, tetap saja rasanya sulit mendapatkan yang tepat. Agar tidak terus terjebak dengan kondisi ini, kamu perlu tahu apa saja cara baru cari kerja yang paling efektif.

Dulu, mungkin kamu perlu kesana-kemari untuk melamar pekerjaan. Mulai dari walk-in interview, sampai dengan menyebarkan surat lamaran ke beberapa perusahaan. Lalu, seperti apa cara yang baru?

Baca Juga : 4 Cara Meningkatkan Kemampuan Inisiatifmu!

Cara yang sering digunakan akhir-akhir ini di antaranya adalah, melalui situs job portal, dan situs talent marketplace. Berikut ini adalah penjelasan mengenai keduanya.

1. Job Portal

Job portal atau career portal merupakan salah satu cara konvensional atau yang umum bagi karyawan untuk mencari kerja, dan perusahaan untuk mendapatkan karyawan.

Di situs ini terdapat beberapa informasi, seperti lowongan pekerjaan, keterangan deskripsi pekerjaan, informasi mengenai perusahaan, hingga kontak email dan nomor telepon perusahaan tersebut.

Kamu bisa langsung melamar pekerjaan melalui job portal tersebut, atau langsung mengirimkan surat lamaran dan CV melalui email yang tertera di kontak perusahaan. Meski kamu bebas ingin melamar ke perusahaan yang mana, sayangnya beberapa kandidat justru terjebak ke dalam lowongan kerja palsu.

Cara ini pun tidak menjamin para pencari kerja akan mudah dan cepat dalam mendapatkan pekerjaan baru. Terlebih lagi, saingan yang banyak, dan proses mencari kerja yang menyusahkan karena kamu mungkin harus apply ke banyak perusahaan untuk mendapatkan satu perusahaan yang cocok.

Setelah kamu melamar ke beberapa perusahaan di job portal, umumnya tidak ada notifikasi atau pemberitahuan mengenai sejauh mana proses aplikasimu. Sehingga mungkin hal ini dapat cukup membingungkan untukmu.

Baca Juga : Begini 4 Cara Meningkatkan Skill People Management

2. Talent Marketplace

Berbeda dengan job portal, talent marketplace sendiri adalah wadah bagi perusahaan untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan kecanggihan data science yang dimiliki oleh talent marketplace, dapat memudahkan perusahaan untuk menemukan kandidat yang cocok. Begitu juga sebagai pencari kerja, kamu juga akan dengan mudah ditemukan oleh perusahaan yang cocok dengan kamu.

Melalui situs talent marketplace, kamu tidak perlu susah payah melamar kesana-kemari, atau bahkan takut terjebak oleh lowongan kerja palsu.

Pasalnya, di situs talent marketplace, baik perusahaan maupun talent akan melalui proses verifikasi terlebih dahulu. Sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika mendapatkan panggilan interview melalui situs talent marketplace ini.

Selain tak perlu melamar kesana-kemari, talent marketplace umumnya tidak memungut sepeser pun biaya kepada talent-nya. Jadi, kamu juga tidak perlu lagi berpindah ke premium untuk mendapatkan pekerjaan terbaik, dan dilirik oleh perusahaan.

Nah, itu tadi Cara Baru Cari Kerja Paling Efektif dan Mudah Buat Kamu.

Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga : Begini 3 Cara Meningkatkan Skill Komunikasimu!

 

 

 

 


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

0     0    

Komentar