icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Kesalahan Ketika Melamar Kerja dan Cara Mengatasinya
Siker.id | 26 Sep 2022 10:15


Bagikan ke
Kesalahan Ketika Melamar Kerja dan Cara Mengatasinya (siker)

siker.id - Keadaan ekonomi yang tidak menentu, dan banyaknya perusahaan yang melakukan penyusutan mengakibatkan seseorang akan sulit mendapatkan pekerjaan.

Tak jarang banyak calon pekerja yang sebenarnya memiliki kualifikasi yang baik akan tetapi kesulitan dalam melamar atau mendapatkan pekerjaan. Agar kamu tidak menjadi salah satunya, kamu perlu tahu beberapa kesalahan dalam melamar kerja dan cara mengatasinya.

Baca Juga : Catat! 4 Hal Penting Ketika Melamar Perusahaan Startup

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam melamar kerja yang harus kamu hindari.

1. Kesalahan dalam membuat CV

CV merupakan hal pertama yang dilihat perusahaan dari diri seorang pelamar saat melamar sebuah pekerjaan.  Keberadaan CV sangatlah krusial karena lewat CV itulah perusahaan mendapat kesan pertama mengenai kita.

CV dan surat lamaran yang efektif akan cukup menarik perusahaan atau HRD. CV yang terlalu panjang juga tidak menjamin kamu diterima oleh perusahaan, malah tim rekruiter akan sulit menemukan hal yang mereka butuhkan dari CV kamu.

CV dan surat lamaran yang efektif akan cukup menarik perusahaan atau Buatlah CV yang spesifik menjelaskan kontribusi nyata yang bisa kamu tuliskan sebelum mulai membuat CV. Perusahaan akan lebih tertarik pada deskripsi pencapaian dan karakter diri kamu yang spesifik dibanding kalimat positif yang abstrak.

2. Apply banyak ke satu perusahaan

Kesalahan lain dalam melamar kerja yaitu mendaftar beberapa posisi di satu perusahaan. Terkadang karena belum merasa yakin dengan kemampuan diri dan posisi yang ingin dilamar, pelamar mendaftar beberapa posisi ke satu perusahaan.

Tentunya, hal ini akan menimbulkan keraguan bagi perusahaan tersebut. Sehingga berdampak pada ditolaknya lamaran kerja kamu.

Jadi, untuk menghindari hal ini sebaiknya kamu gali lagi job description dari posisi yang menarik minatmu, kemudian sesuaikan dengan kemampuan diri serta pengalamanmu, dan pastikan kamu melamar kerja pada satu posisi yang memang sesuai.

Baca Juga : 4 Cara Ampuh Melamar di Perusahaan Impianmu!

 

3. Tidak mengisi formulir aplikasi dengan lengkap

Terkadang kamu diharuskan untuk mengisi formulir aplikasi pekerjaan saat melamar kerja. Mungkin kamu merasa malas melengkapi formulir yang diminta karena merasa sudah tercantum pada CV yang kamu lampirkan. 

Jangan lakukan ini. Penting bagi kamu untuk mengikuti instruksi yang diberikan termasuk  mengisi dengan lengkap formulir aplikasi kerja tersebut. 

Pasalnya, membiarkan beberapa bagian kosong akan membuat perekrut memiliki informasi yang tidak lengkap tentang kamu. 

Selain itu,  mengabaikan kelengkapan formulir justru akan menunjukkan bahwa kamu orang yang tidak memperhatikan hal-hal detail. Karena itu, lengkapi formulir aplikasi dengan lengkap, ya.

4. Tidak mempersiapkan interview dengan matang

Kesalahan dalam lamar kerja lainnya yang sering dilakukan adalah tidak mempersiapkan interview dengan matang. 

Banyak kandidat yang menyepelekan tahapan ini. Padahal meskipun kamu memenuhi kualifikasi, namun bila pada saat interview pertama kamu tidak memberi kesan yang baik, maka kamu bisa jadi tidak akan dipanggil interview untuk yang kedua kalinya. 

Berlatihlah sebelum interview kerja bersama temanmu, atau persiapkan jawaban dengan melihat contoh-contoh pertanyaan interview kerja yang biasa diajukan perekrut. 

Nah, itu tadi 4 Kesalahan Ketika Melamar Kerja dan Cara Mengatasinya.

Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga : 3 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Melamar Kerja


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

     

TAG :

Komentar