4 Tanggung Jawab Seorang Konsultan IT
Siker.id | 23 Sep 2022 17:15


Bagikan ke
Tanggung jawab seorang konsultan IT (siker)

siker.id – Teknologi kini telah bertumbuh dengan cepat. Pembaruan-pembaruan atau inovasi datang silih berganti termasuk dalam bentuk teknologi informasi. Teknologi informasi sendiri telah menyediakan peluang beragam lapangan kerja yang menjanjikan. Salah satu profesi yang juga banyak diminati adalah konsultan IT. Apa itu konsultan IT?

Menurut situs cakeresume, konsultan IT adalah seorang ahli yang mampu mengidentifikasi, merencanakan, dan menghasilkan proyek teknologi yang dapat membantu perusahaan memenuhi target transformasi digitalnya.

Selain proyek transformasi digital, konsultan IT juga mengintegrasikan teknologi informasi ke dalam bisnis dan menunjukkan kepada klien cara menggunakan TI secara lebih efisien untuk membantu mencapai tujuan dan target.

Lantas, apa saja tanggung jawab dari seorang konsultan IT ini? Begini penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Tugas Seorang Konsultan Pajak

Memberikan Saran

Tugas pertama dari seorang konsultan adalah memberikan saran. Begitu pula tugas seorang konsultan IT. Diagnosis dan analisis yang dilakukan oleh seorang konsultan IT tentunya bertujuan untuk mengadakan pemecahan masalah yang dihadapi oleh klien. Hasil dari analisis tersebut kemudian bisa dijadikan sebagai bahan untuk memberikan saran pada klien.

Bertemu Klien

Tugas selanjutnya adalah bertemu dengan klien. Seorang konsultan IT tentu saja harus menemui orang lain yang menjadi kliennya. Sebab hal ini memang menjadi tugas dan tanggung jawab dari seorang konsultan IT. Dengan menemui klien maka seorang konsultan IT akan memahami secara lebih jelas mengenai segala permasalahan yang dihadapi oleh kliennya berkaitan dengan sistem IT.

Baca Juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

Pengembangan Rencana

Tanggung jawab selanjutnya adalah melakukan pengembangan rencana. Seorang tenaga IT tentunya tidak hanya berhenti sampai analisis dan pemberian saran saja.

Secara lebih jauh konsultan IT juga turut bertanggung jawab untuk mengembangkan segala rencananya berkaitan dengan perbaikan sistem IT. Pengembangan rencana ini berkaita pula dengan penggunaan sumber daya yang dibutuhkan.

Kepastian Kinerja Sistem

Ini juga menjadi tugas penting seorang konsultan IT. Konsultan IT perlu memberikan kepastian kepada klien bahwa sistem yang baru dapat digunakan dengan baik. Untuk memberikan kepastian ini maka konsultan IT bisa memantau kinerja sistem yang baru. Selain itu jaringan komputer yang telah didesai ulang juga perlu untuk dipastikan lagi sebelum difungsikan.

Nah, itu tadi 4 Tanggung Jawab Seorang Konsultan IT yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Alasan Pentingnya Penganggaran!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar