icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Skill Wajib bagi Front End Developer
Siker.id | 23 Sep 2022 17:00


Bagikan ke
Skill wajib bagi front end developer (siker)

siker.id – Perkembangan teknologi informasi telah berkembang pesat. Ini terbukti dengan banyaknya profesi baru seperti front end developer yang juga banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan berbasis IT. Pekerjaan seorang front end developer (FED) banyak berhubungan dengan pembuatan website.

FED bertugas untuk mengembangkan website yang menggunakan baris kode HTML, CSS, dan Javascript untuk menjadikan tampilan web lebih menarik. Halaman muka di sebuah website merupakan hasil dari beberapa susunan data, design, konten, dan fungsi.

Dengan menyatukan itu semua, FED berhasil menciptakan sebuah halaman website yang dapat digunakan secara baik oleh user. Bila kamu tertarik menjadi seorang FED, kamu harus menguasai beberapa skill di bawah ini. Simak penjelasannya, ya, sobat siker!

Baca Juga: Pelajari 6 Skill Ini Jika Ingin Menjadi Backend Developer!

Bahasa Pemrograman HTML/ CSS

Skill wajib pertama bagi seorang FED adalah menguasai bahasa pemrograman HTML/CSS. HyperText Markup Language atau HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman website. HTML menjadi bahasa paling dasar untuk mengembangakan website.

Sementara itu, Cascading Style Sheets alias CSS adalah bahasa style yang mendukung HTML untuk bekerja. Jika HTML berfungsi sebagai pondasi atau bangunan dari website, CSS berfungsi untuk mengatur layout, warna, font, dan style lain.

Preprocessor CSS

Keterampilan selanjutnya adalah preprocessor CSS. CSS murni tidak bisa mendefinisikan variabel, fungsi, atau operasi aritmatika. Supaya CSS dapat melakukan berbagai hal ini, maka dibutuhkan Preprocessor CSS.

Preprocessor CSS adalah framework yang menyediakan fitur-fitur yang tidak terdapat pada CSS. Fitur tersebut banyak mengadopsi konsep-konsep pemrograman seperti operasi matematika dasar, variabel, loop, dan fungsi.

Responsive & Mobile Design

Keterampilan selanjutnya adalah responsive & mobile design. Meskipun dulu responsive design bukanlah hal yang terlalu diperhatikan. Saat ini responsive design menjadi faktor penting dalam proses pengembangan website.

Berbagai macam perangkat dengan berbagai macam spesifikasi yang saat ini tersedia, mendorong pengembang bisa menyesuaikan tampilan website di semua perangkat. Pengembang website biasanya menyelesaikan masalah ini dengan responsive design.

Baca Juga: 4 Pertanyaan Interview Seputar Game Developer

Testing/Debugging

Skill selanjutnya adalah testing/ debugging. Aktivitas yang harus dilakukan sebagai bagian dari proses pengembangan website adalah testing. Tujuan dari testing adalah mencari sebanyak-banyaknya error dan kesalahan pada sistem. Namun idealnya proses testing dilakukan oleh tester bukan front end developer. Meskipun begitu, tidak ada salahnya jika seorang front end developer juga memahami proses testing.

Browser Developer Tools

Skill terakhir adalah browser developer tools. Mengakses website harus menggunakan browser. Jadi penting untuk memastikan website dapat diakses dengan baik melalui browser. Tampilan harus sesuai –tidak acak-acakan– dan semua fungsionalitas dapat berjalan dengan baik.

Di dalam web browser modern terdapat tools yang membantu front end developer untuk memastikan website tidak muncul masalah ketika diakses pengguna. Tool ini akan membantu kamu untuk melakukan pengecekan sampai dengan tidak ada masalah yang muncul ketika website diakses oleh pengguna melalui browser.

Nah, itu tadi 5 Skill Wajib Front End Developer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Kemampuan yang Wajib Dimiliki Developer


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar