Kenali 3 Tugas Manajemen Humas Ini!
Siker.id | 23 Sep 2022 16:40


Bagikan ke
Tugas manajemen humas (siker)

siker.id – Kalian pasti sering mendengar istilah humas, bukan? Ya, humas dikenal sebagai pihak yang mewakili organisasi/instansi/perusahaan untuk memberikan informasi kepada publik. Humas juga digunakan untuk mengelola komunikasi baik bagi internal maupun eksternal. Humas sendiri memiliki manajemen humas. Apa itu manajemen humas?

Manajemen humas adalah suatu komunikasi dua arah antara suatu lembaga dengan masyarakat untuk melakukan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta evaluasi dalam usaha pencapaian tujuan organisasi.

Manajemen humas difungsikan untuk mendukung dan memelihara jalur bersama bagi komunikasi, pengertian, penerimaan, dan kerja sama antara organisasi dengan publiknya.

Lantas, apa saja tugas manajemen humas in? Berikut penjabarannya!

Baca Juga: 5 Alasan Manajemen Informasi Penting Dilakukan

Komunikasi

Hal utama dari humas adalah komunikasi. Humas mempunyai bentuk komunikasi yang khusus, komunikasi timbal-balik, pengetahuan komunikasi menjadi modalnya. Dalam fungsinya, komunikasi itu sentral perlu juga untuk dimiliki adalah pengetahuan manajemen dan kepemimpinan, struktur organisasi.

Memperbaiki Citra Organisasi

Tugas selanjutnya adalah memperbaiki citra organsasi. Citra organisasi bisa merupakan citra dari pemimpin, ada citra yang menjadi keinginan, harapan dan sebagainya. Citra yang bisa mendapat kepercayaan adalah citra dari kenyataan identitas organisasi.

Baca Juga: Pahami 4 Tujuan Manajemen Risiko Ini!

Tanggung Jawab Sosial

Tugas ketiga adalah terkait dengan tanggung jawab sosial. Humas merupakan instrumen untuk bertanggung jawab terhadap semua kelompok yang berhak terhadap tanggung jawab tersebut. Terutama kelompok publik sendiri, publik internal dan pers.

Penting diusahakan bahwa seluruh organisasi bersikap terbuka dan jujur terhadap semua kelompok atau publik yang ada hubungannya dan memerlukan informasi. Suatu organisasi mempunyai kewajiban adanya usaha untuk pelayanan sosial yang harus menjadi tanggung jawab.

Nah, itu tadi 3 Tugas Manajemen Humas yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami 7 Fungsi Manajemen Konstruksi Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar