5 Kesalahan Manajer yang Perlu Dihindari!
Siker.id | 23 Sep 2022 13:02


Bagikan ke
Kesalahan manajer yang perlu dihindari (siker)

siker.id – Menjadi seorang manajer tentu tidaklah mudah. Seorang manajer tentu memiliki beragam permasalahan. Pasalnya, akan banyak hal yang harus di-handle mulai dari SDM, perencanaan perusahaan, hingga bagaimana melakukan inovasi bagi kemajuan perusahaan. Hal ini tentu akan melibatkan berbagai pihak dalam prosesnya. Untuk itu, sebagai seorang manajer, kamu harus tahu kesalahan-kesalahan apa saja yang perlu dihindari agar ke depan kamu memiliki antisipasi dan planning yang baik untuk mengatasinya.

Lantas apa saja kesalahan yang biasa dilakukan oleh para manajer ini? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: Kenali 4 Tugas Seorang Manajer Penjualan Ini!

Tidak Peduli dengan Karyawan

Pertama, manajer terkadang tidak peduli dengan kondisi para karyawannya. Perusahaan yang cerdas memastikan manajer mereka tahu cara menyeimbangkan profesionalisme dengan hubungan sesama manusia. Sebab, seorang manajer semestinya tidak hanya peduli terhadap hasil kerja dan visi perusahaan, tapi juga karyawan.

Hubungan interpersonal harus dijaga dan perlu dikembangkan, demi adanya kenyamanan di suatu perusahaan yang nantinya berdampak pada produktivitas karyawan.

Micromanaging

Kesalahan selanjutnya adalah terkait dengan micromanaging. Bila kamu terus-menerus memandangi karyawan dan menghabiskan banyak waktu memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan, kemungkinan besar, kamu adalah seorang micromanager. Tindakan menurunkan semangat kerja dan kontribusi kerja terhadap lingkungan kerja.

Padahal, kamu cukup memberikan penjelasan mengenai pekerjaan yang kamu delegasikan. Kemudian, cobalah memberikan kepercayaan pada mereka untuk mengerjakan pekerjaan masing-masing.

Baca Juga: 5 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Manajer Produk!

Mengkritik Karyawan di Depan Umum

Kesalahan ketiga adalah terlalu sering mengrkitik karyawan di depan umum. Perlu kamu ketahui bahwa pada dasarnya tidak ada orang yang suka dikritik di depan umum. Hal ini pun tentunya merupakan bagian dari etika. Dengan posisimu sebagai manajer, seharusnya kamu lebih bijak dalam bersikap.

Buatlah diskusi pribadi saat kamu bisa tenang mendiskusikan dengan bawahanmu mengenai hal yang herus diperbaiki atau dampak perilaku pada bisnis. Nantinya, kalian bisa bersama-sama mengembangkan rencana perbaikan.

Mengabaikan Tingkat Turnover

Kesalahan selanjutnya adalah mengabaikan tingkat turnover. Seorang manajer yang baik tidak akan mengabaikan tingkat turnover karyawannya. Sebab, tingkat turnover yang tinggi menunjukkan bahwa kamu memiliki masalah dalam tim atau cara kerja.

Seorang manajer harus mampu mencari tahu alasan dibalik seringnya karyawan mengundurkan diri tersebut dan mengambil langkah-langkah nyata yang dapat meningkatkan keterlibatan karyawan dan mengurangi angka turnover tersebut.

Kurang Memberikan Apresiasi

Kesalahan terakhir ini juga banyak dilakukan yakni, kurang memberikan apresiasi. Semua orang membutuhkan apresiasi setelah kerja keras dan berkontribusi terhadap perusahaan. Sebagai seorang manajer, cobalah menepuk pundak bawahanmu dan berilah pujian. Selain itu, manajer perlu berkomunikasi dengan bawahannya untuk mencari tahu apa yang membuat mereka merasa baik.

Nah, itu tadi 5 Kesalahan Manajer yang Perlu Dihindari yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Apa itu Pekerjaan Manajer Produksi? Begini penjelasannya!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar