Jangan Takut! Begini 4 Tips Berpendapat di Kantor!
Siker.id | 22 Sep 2022 16:25


Bagikan ke
Tips berpendapat di kantor (siker)

siker.id – Apakah kamu masih kurang percaya diri ketika mengemukakan pendapatmu di depan rekan kerjamu? Waduh, hal itu justru bisa mengurangi rasa percaya dirimu, lho, sobat siker. Malu boleh saja, namun harus diingat pula ketika kamu dimintai pendapat yang menyangkut urusan penting kantor, kamu harus juga aktif memberikan pendapatmu, ya. Bila kamu tidak melakukan ini, kamu nantinya akan dicap sebagai rekan kerja yang pasif. Padahal, dengan kamu berani melontarkan pendapatmu, kamu tentu akan menjadi seorang yang solutif.

Lantas, bagaimana cara agar berani berpendapat di kantor? Begini tipsnya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Tips Agar Pendapat Didengar Rekan Kerja

Siapkan Diri Sebelum Ditanya

Pertama, kamu bisa melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum nantinya kamu akan ditanya rekan kerja atau atasanmu. Mungkin, salah satu hal yang menyebabkanmu ragu ingin bicara adalah takut dibantah.

Untuk itu, agar lebih berani dalam berpendapat, coba siapkan dulu skenario terburuk ini. Hal ini bisa menambah percaya dirimu. Selain itu, kamu akan terlihat lebih meyakinkan jika selalu bisa menjawab saat ditanya.

Percaya Diri

Tips kedua ini patut kamu lakukan. Ya, alih-alih menunggu saat yang tepat, sampaikan pendapat tiap kali ada kesempatan. Pasalnya, percaya diri tidak hadir tiba-tiba, ia dilatih dan dipupuk terus-menerus. Maka dari itu, yakinkan dirimu bahwa kamu bisa. Ini merupakan modal pertama saat menyampaikan argumen.

Baca Juga: 4 Etika dalam Penggunaan Ruang Rapat

Beri Tanda Bila Kamu Ingin Bicara

Cara agar kamu diberi panggung untuk mengemukakan pendapat adalah dengan melemparkan berbagai “kode”. Sampaikan lewat bahasa tubuh atau komunikasi nonverbal bahwa kamu ingin berbicara. Dengan begini, kamu tidak perlu memotong argumen orang lain di tengah-tengah bicaranya.

Posisikan Diri dengan Tepat

Tips terakhir yang bisa kamu terapkan ialah memposisikan diri dengan tepat. Tata cara bicara dengan atasan tentu berbeda dengan saat mengobrol dengan rekan kerja. Cara menyampaikan argumen di tengah rapat juga lain dengan saat diskusi santai. Maka dari itu, penting bagimu untuk memahami medan ini. Sesuaikan cara bicaramu dengan tempat dan situasi.

Nah, itu tadi 4 Tips Berpendapat di Kantor yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tipe Pemimpin Rapat di Tempat Kerja


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar