icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ini Dia 5 Tips Menggunakan Influencer Marketing
Siker.id | 22 Sep 2022 15:56


Bagikan ke
Tips menggunakan influencer marketing (siker)

siker.id – Memasarkan produk dengan menggandeng artis atau orang yang dikenal banyak orang tentu akan menambah peluang pasar yang semakin luas. Bagaimana tidak? Para orang-orang tersebut mempunyai basis pendukung dan pengikut yang cukup banyak dan mereka dapat menarik pengikut mereka untuk membeli suatu produk. Nah, hal ini sering dimanfaatkan oleh orang marketing untuk mempromosikan produk mereka melalui influencer ini. Pasalnya, influencer dipandang sebagai sosok yang memiliki pengaruh besar untuk mendatangkan calon konsumen perusahaan.

Lantas, bagaimana cara melakukan influencer marketing yang tepat? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: 4 Jenis Influencer Marketing

Kenali Target Audiens

Pertama, kamu dapat menentukan target audiens terlebih dahulu. Ini untuk memudahkan kamu memilih influencer yang akan digandeng, menentukan cara penyampaian pesan, konten yang akan dibuat, media, dan lainnya.

Kenali bentuk informasi apa yang mereka sukai, influencer yang paling terkenal di kalangan mereka, dan media sosial yang sering digunakan.

Tentukan Tujuan Pemasaran

Langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan dari pemasaran produkmu itu sendiri. Pasalnya, tujuan dari kegiatan pemasaran bisa berbeda-beda. Beberapa diantaranya adalah untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan engagement dengan audiens, meningkatkan penjualan, menaikkan jumlah followers, atau menarik konsumen baru. Setelah itu buat Key Performance Indicator (KPI) yang bisa mengukur keberhasilan tercapainya tujuan pemasaran.

Lakukan Konsultasi dengan Influencer

Tips selanjutnya adalah melakukan konsultasi dengan influencer secara langsung. Membuat strategi influencer marketing yang sudah diatur oleh brand dan memberikan brief mutlak kepada influencer tentu sah-sah saja.

Tetapi, ada baiknya strategi yang dibuat oleh brand didiskusikan kembali dengan para influencer yang ingin diajak bekerjasama. Sebab, influencer memiliki pengetahuan yang lebih dalam mengenai seperti apa followers mereka, jenis konten yang efektif, dan juga cara mempromosikannya.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menggunakan Influencer Untuk Bisnis Anda

Pilih Influencer yang Tepat

Langkah ini penting untuk dilakukan. Pasalnya, influencer yang kamu pilih sangat berpengaruh dengan keberhasilan pemasaran. Maka dari itu, kamu harus pilih yang tepat bukan hanya asal terkenal saja.

Susun & Jalankan Campaign

Langkah yang juga penting untuk dilakukan adalah dengan menyusun dan menjalankan kampanye. Umumnya, konten promosi memang dibuat oleh influencer, tapi kamu bisa memberikan brief tentang poin-poin apa aja yang harus disebutkan, product knowledge, CTAnya, kode diskon (jika ada), harus diunggah di media sosial apa saja, dan lain sebagainya. Jadi, kamu harus menjelaskan secara rinci tentang campaign tersebut.

Nah, itu tadi 5 Tips Menggunakan Influencer Marketing yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Media Sosial Terbaik Untuk Promosi Bisnis


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar