Pahami 5 Faktor Kepuasan Pelanggan Ini!
Siker.id | 20 Sep 2022 16:35


Bagikan ke
Faktor kepuasan pelanggan (siker)

siker.id – Apabila kamu memiliki suatu bisnis, tentu penting bagi bisnismu untuk mendapatkan pelanggan yang loyal. Salah satu indikator loyalitas pelanggan bisa diukur dari seberapa banyak pelanggan yang mengalami kepuasan setelah membeli produk-produkmu itu.

Untuk itu, perlu dipelajari bagaimana kepuasan pelanggan itu bisa terjadi sehingga kamu dan tim bisnismu dapat merencanakan strategi apa yang kiranya pas untuk membuat pelangganmu puas.

Nah, di bawah ini terdapat beberapa faktor kepuasan pelanggan yang dapat kamu simak, ya!

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Retensi Pelanggan Bisnis!

Kualitas Pelayanan

Kepuasan pelanggan bisa dilihat dari kualitas pelayanannya. Di saat muncul keraguan mengenai produk atau masalah teknis dalam transaksi, customer service yang cakap dan tanggap menentukan kelancaran komunikasi kepada pelanggan. Kamu pun bisa menambah nilai produk dengan mengedukasi pelanggan.

Harga yang Sesuai

Kedua, kepuasan pelanggan bisa juga dilihat dari harga. Untuk pasar menengah kebawah, hal utama dalam kepuasan pelanggan adalah harga yang pas dan terjangkau. Barang menarik, berkualitas, dan memiliki nilai tukar yang sesuai tentunya dapat membuat mereka kembali membeli atau memakai produkmu.

Baca Juga: 4 Tips Menangani Keluhan Pelanggan

Kualitas Produk

Faktor ini terkait dengan produk yang kamu hasilkan maupun yang ditawarkan kepada pelanggan. Apabila produk yang kamu hasilkan memiliki kualitas yang baik maka pelanggan akan menjadi merasa puas. Dengan begitu kamu harus bisa mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk yang kamu tawarkan kepada konsumen agar konsumen menjadi pelanggan tetap.

Faktor Emosional Pelanggan

Faktor penting lainnya adalah emosional pelanggan. Maksudnya adalah dimana rasa percaya diri dan bangga pelanggan terhadap pemakaian produkmu. Brand dengan nama yang terkenal biasanya bisa menimbulkan dan mempertahankan ikatan emosional kepada pelanggan.

Kemudahan Transaksi

Ini juga faktor yang penting. Dengan zaman yang serba cepat, customer satisfaction adalah soal kemudahan proses jual beli. Baik dari ketersediaan sistem dan alat pembayaran non tunai dan tempat produk didagangkan.

Nah, itu tadi 5 Faktor Kepuasan Pelanggan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut Ini 5 Indikator Kepuasan Kerja Karyawan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar