4 Jenis Program Loyalitas Pelanggan
Siker.id | 20 Sep 2022 15:40


Bagikan ke
Jenis program loyalitas pelanggan (Siker)

siker.id – Untuk memperoleh banyak pelanggan dan menjadikan pelanggan loyal kepada bisnis kita, kita harus menerapkan strategi. Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan program loyalitas untuk pelanggan. Apa itu program loyalitas pelanggan?

Dikutip dari Hubspot, program loyalitas atau loyalty program merupakan sebuah program penghargaan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan untuk menjaga mereka tetap setia dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Nah, terdapat beberapa jenis program loyalitas yang bisa diterapkan. Berikut penjelasannya!

Baca Juga: Karyawan Memiliki Loyalitas Tinggi? Ini 3 Faktornya!

Tiered Loyalty

Jenis pertama adalah tiered loyalty. Tiered loyalty program merupakan bentuk membership di mana konsumen bisa mendapatkan benefit berdasarkan tingkatan yang dimilikinya. Semakin tinggi tingkatan konsumen, maka semakin baik dan eksklusif hadiah yang bisa didapatkannya.

Contoh dari tiered loyalty yaitu program di Tokopedia. Dengan melakukan pembelian, membership-mu akan naik mulai dari bronze, silver, gold, platinum, dan diamond.

Value Loyalty

Jenis kedua adalah value loyalty. Value loyalty ialah program yang bertujuan untuk membuat hubungan emosional dengan konsumen. Kamu mengajak konsumen untuk membeli produkmu karena sekian persen dari pembelian produk akan diserahkan ke yayasan amal dan sejenisnya.

Baca Juga: 4 Cara Meninkatkan Loyalitas Pelanggan Usaha Anda

Paid Loyalty Program

Selanjutnya adalah program loyalitas berbayar. Program loyalitas pelanggan yang satu ini mengharuskan pelanggan kamu membayar terlebih dahulu. Bisa membayar hanya satu kali atau setiap tahunnya sesuai keinginan dari toko kamu. Dari situ mereka akan mendapatkan berbagai macam penawaran menarik.

Dynamic Discount Programs

Jenis selanjutnya adalah dynamic discount programs. Khusus untuk kamu yang berbisnis dibidang food and beverage (F&B) kamu bisa menerapkan program loyalitas dynamic discount.

Jadi, loyalty program ini bisa membuat pelanggan kamu datang terus menerus ke toko kamu. Caranya kamu bisa memberikan promo makanan atau pun diskon potongah harga. Untuk menentukan rewards tersebut bisa berdasarkan frekuensi pembelian dan berapa pembelian produk oleh pelanggan.

Nah, itu tadi 4 Jenis Program Loyalitas Pelanggan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut 8 Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar