Begini 5 Tugas Utama Seorang Sekretaris
Siker.id | 20 Sep 2022 13:40


Bagikan ke
Tugas utama seorang sekretaris (Siker)

siker.id – Di suatu organisasi atau perusahaan, pasti kita akan menjumpai seorang sekretaris. Yaps, seorang sekretaris dikenal sebagai orang yang berhubungan dengan administrasi. Namun, bukan hanya pekerjaan itu, sekretaris juga memiliki tugas lain. Pasalnya, sekretaris menjadi sosok penting dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Lantas, apa saja tugas-tugas seorang sekretaris? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: 3 Suka Duka Menjadi seorang Sekretaris

Berkomunikasi dengan Berbagai Pihak

Komunikasi menjadi tugas penting bagi sekretaris. Sekretaris akan selalu berkomunikasi dengan berbagai pihak yang dibutuhkan perusahaan, baik dengan karyawan, petinggi perusahaan dan pihak eksternal yang bekerja sama dengan perusahaan.

Sekretaris juga kadang diberikan tugas sebagai penengah komunikasi antar berbagai pihak, sehingga sekretaris benar-benar perlu berlatih untuk bisa berkomunikasi dan menyampaikan maksud serta tujuan yang dapat mewakili perusahaan.

Mengatur dan Mencatat Hasil Rapat

Tugas penting seorang sekretaris adalah mengatur dan mencatat hasil rapat. Setiap rapat tidak hanya diikuti oleh jajaran direksi atau divisi tertentu saja. Faktanya, sekretaris juga kerap hadir dalam rapat-rapat yang diadakan perusahaan. Memang, umumnya sekretaris tidak memiliki tanggung jawab untuk mengambil keputusan saat rapat. Namun, sekretaris memiliki tugas penting untuk mengatur dan mencatat hasil pertemuan.

Sebagai seseorang yang mengarsipkan dokumen, sekretaris juga memiliki tugas untuk memastikan berbagai persyaratan hukum.

Memastikan Persyaratan Hukum

Tugas lainnya adalah memastikan persyaratan hukum. Sekretaris perlu memastikan bahwa apa yang tertulis di dokumen-dokumen tersebut sesuai dengan ketentuan dan hukum yang berlaku. Hukum yang dimaksud tidak hanya berupa hukum negara.

Lebih dari itu, sekretaris harus memastikan bahwa setiap dokumen dan keputusan yang diambil jauh dari pelanggaran hukum perusahaan.

Baca Juga: 4 Tanggung Jawab Seorang Sekretaris

Membantu Kelancaran Administrasi Perusahaan

Tugas selanjutnya adalah membantu kelancaran administrasi perusahaan. Sekretaris akan membantu kelancaran administrasi perusahaan yang berhubungan dengan dokumen penting yang dibutuhkan dalam kelangsungan perusahaan, termasuk bertanggung jawab dalam mencatat kegiatan maupun aktivitas perusahaan.

Memantau Kepatuhan Perusahaan terhadap Undang-Undang

Ini juga merupakan tugas lain dari seorang sekretaris. Sekretaris akan bekerja sama untuk memastikan perusahaan mentaati regulasi serta undang-undang yang ada. Tugas tersebut termasuk meliputi memantau anggaran serta persyaratan lainnya.

Nah, itu tadi 5 Tugas Utama Seorang Sekretaris yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Inilah Peran Sekretaris Di Perusahaan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar