- Lamaran Pekerjaan Ditolak? Ini Solusinya
- Mau Perbanyak Pengalaman Buat Fresh Graduate?Ini Caranya!
- Apa Perbedaan CV dan Resume?
- Stop! Hindari Kesalahan Ini Dalam Pembuatan Surat Lamaran
- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
siker.id – Berkas lamaran merupakan hal yang penting bagi para pelamar kerja. Sebagai seorang pelamar, kamu tentunya harus mempersiapkan berkas-berkas lamaran agar nantinya perusahaan dapat memperoleh berkas yang telah diminta sesuai dengan ketentuan. Untuk itu, kamu tidak boleh lupa dalam mempersiapkan berkas lamaranmu. Nah, yang menjadi pertanyannya, memang berkas apa saja yang biasanya harus dipersiapkan?
Berikut penjelasannya, sobat siker!
Baca Juga: Tips Mengelola Berkas Kantor dengan Rapi
CV atau Daftar Riwayat Hidup
CV atau daftar riwayat hidup merupakan syarat utama kamu melamar kerja. Daftar riwayat hidup ini memuat data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan informasi lain untuk melamar kerja. CV adalah salah satu berkas lamaran kerja yang pasti diminta oleh perusahaan. Dokumen ini berfungsi untuk memberikan gambaran tentang keterampilan yang kamu miliki. Bagi para lulusan baru, kamu bisa mencantumkan pengalaman magang atau organisasi di dalam CV kamu, sobat siker.
Surat Lamaran Kerja
Berkas kedua ini juga penting. Surat lamaran kerja merupakan surat yang berisi ketertarikan minat dan kemampuan pelamar yang sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang dilamar. Dalam hal ini, surat lamaran kerja juga berfungsi untuk meyakinkan tim rekrutmen agar dipanggil ke tahap berikutnya yakni interview.
Ijazah dan Transkrip Nilai
Berkas selanjutnya yang bisa kamu siapakan adalah ijazah dan transkrip nilai. Ijazah dan transkrip nilai menjadi bukti latar belakang pendidikan pelamar kerja yang bisa disesuaikan dengan persyaratan lamaran kerja untuk posisi yang dibutuhkan. Dalam hal ini, perusahaan biasanya hanya meminta ijazah dan transkrip nilai untuk pendidikan terakhir saja.
Baca Juga: 3 Tips Menulis Kalimat Penutup dalam Surat Lamaran
Portofolio
Bila kamu sudah memiliki pengalaman bekerja, kamu bisa melampirkan portofolio dalam berkas lamaran pekerjaanmu. Portofolio adalah dokumen yang berisi riwayat pekerjaan, pencapaian, dan kumpulan hasil karya dalam bidang tertentu.
Identitas Pribadi
Berkas selanjutnya adalah identitas pribadi seperti fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan KK atau Kartu Keluarga. Untuk berkas lamaran yang satu ini, kamu perlu berhati-hati sebelum melampirkannya. Bila lowongan kerjanya asli dan terpercaya, lampirkan fotokopi KTP dan KK hanya jika diminta.
Sertifikat Pendukung
Berkas lamaran kerja yang juga penting yakni, sertifikat pendukung. Sama halnya dengan portofolio, sertifikat bisa menjadi pendukung untuk menjelaskan kemampuan pelamar kerja dalam bidang pekerjaannya. Sertifikat ini dapat berupa lomba, pelatihan, hingga sertifikat kerja yang diberikan oleh perusahaan sebelumnya.
Nah, itu tadi 6 Berkas Lamaran Kerja yang Perlu Disiapkan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: Berikut Kegiatan untuk Menunggu Jawaban Lamaran Kerja
Editor: -
Komentar
- Lamaran Pekerjaan Ditolak? Ini Solusinya
- Mau Perbanyak Pengalaman Buat Fresh Graduate?Ini Caranya!
- Apa Perbedaan CV dan Resume?
- Stop! Hindari Kesalahan Ini Dalam Pembuatan Surat Lamaran
- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik