Begini 5 Tips Menjadi Fotografer Handal!
Siker.id | 19 Sep 2022 13:30


Bagikan ke
Tips menjadi fotografer handal (siker)

siker.id – Apakah kamu hobi untuk melakukan kegiatan fotografi? Apakah kamu juga ingin menghasilkan uang dari fotografi? Nah, kamu bisa banget, lho menjadi seorang fotografer!

Yaps, kini profesi fotografer sangat diminati oleh banyak orang termasuk kaum muda yang menyukai seni fotografi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jasa foto yang tersebar di platform media sosial seperti, Instagram. Mereka menggunakan platform tersebut untuk menampilkan hasil jepretan mereka. Nah, bila kamu ingin menjadi seorang fotografer yang kamu perlukan hanyalah kamera, keterampilan, dan wawasan mengenai bagaimana fotografi itu sendiri.

Lalu, apa saja tips-tips lainnya? Begini penjelasannya!

Baca Juga: 3 Tips Hasilkan Foto Produk yang Ciamik

Gunakan Peralatan yang Tepat

Pertama, kamu harus menggunakan peralatan yang tepat. Jenis peralatan yang kamu butuhkan selama pemotretan tergantung pada jenis pemotretan yang kamu lakukan. Namun pada umumnya, kamu perlu menyiapkan dua kamera dan lensa yang bervariasi untuk situasi yang berbeda-beda. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan perangkat lunak yang tepat untuk melakukan pemeriksaan pasca pemotretan agar bisa menciptakan gambar yang bagus.

Kembangkan Kreativitas dalam Memotret

Kedua, kembangkan kreativitasmu. Sebagian orang berpikir kalau belajar fotografi harus ditempat kursus. Hal tersebut memang ada benarnya, sebab kamu bisa melakukannya dengan belajar membaca mengenai teknik fotografi atau bertanya kepada mereka yang sudah berpengalaman serta melakukan praktek sendiri, tanpa harus masuk ke kursus fotografi.

Namun, kamu juga perlu untuk mengasah kreativitasmu sendiri agar kamu punya ilmu baru yang mungkin bisa kamu dapatkan tanpa mengikuti kursus.

Belajar Cara Mengedit Hasil

Ketiga, kamu bisa belajar mengedit hasil foto. Belajarlah cara menggunakan perangkat lunak yang tepat selamat proses editing. Karena perangkat lunak yang berkualitas dapat menolongmu untuk menciptakan gambar yang luar biasa. Gunakanlah Adobe Photoshop saat kamu melakukan pemeriksaan terhadap foto-fotomu. Tapi, jika kamu tidak menyukainya, kamu boleh menggunakan perangkat lunak lainnya.

Baca Juga: 3 Website Membuat Foto HD dengan Mudah

Berkomitmen dan Latihan Terus

Hal ini juga penting untuk kamu lakukan. Menjaga komitmen untuk terus mencoba melatih skill fotografi juga sangat diperlukan untuk menjadi seorang fotografer yang andal. Meskipun sudah memiliki banyak pengalaman, kamu tidak boleh cepat merasa puas. Terus asah skill-mu mulai dari cara mengambil foto yang menarik hingga proses editing.

Buatlah Portofolio yang Sempurna

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat portofolio yang lengkap supaya jasamu bisa dipercaya oleh banyak orang selain keluarga dan sahabat, maka kamu butuh menunjukkan karya – karya terbaikmu dalam wujud portofolio. Gunakanlah hasil potret – potret kamu yang bagus dengan alterasi yang berbeda – beda.

Nah, itu tadi 5 Tips Menjadi Fotografer Handal yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Alat Pendukung Kerja Fotografer


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar