Begini 5 Fungsi Struktur Organisasi Perusahaan
Siker.id | 15 Sep 2022 14:10


Bagikan ke
Fungsi struktur organisasi perusahaan (siker)

siker.id – Di dalam sebuah perusahaan, tentu terdapat tata kelola atau manajemen agar perusahaan dapat berjalan sebagaimana mestinya. Bila tidak memiliki hal tersebut, maka perusahaan tidak memiliki alur komunikasi dan wewenang yang baik. Untuk itu, perusahaan membutuhkan struktur organisasi. Apa itu struktur organisasi?

Struktur organisasi merupakan suatu susunan yang berisi pembagian peran dan tugas setiap orang berdasarkan jabatan yang diembannya pada suatu organisasi. Terkait dengan perusahaan, struktur yang ada dalam perusahaan disusun dalam bentuk bagan dengan garis hierarki yang berisi deskripsi dari tiap komponen perusahaan.

Lantas, bagaimana fungsi struktur organisasi perusahaan yang ada? Berikut ulasannya!

Baca Juga: 5 Struktur Artikel yang Perlu Dipahami Penulis

Hubungan Pelaporan yang Jelas

Hubungan pelaporan harus jelas sehingga semua anggota organisasi memahami apa tanggung jawab mereka dan tahu kepada siapa mereka bertanggung jawab. Bila tidak, tanggung jawab untuk suatu tugas mungkin akan gagal.

Hubungan yang jelas ini memudahkan manajer untuk mengawasi mereka yang berada di tingkat organisasi yang lebih rendah.

Jelasnya Tanggung Jawab Individu

Masing-masing individu dalam hierarki sebuah struktur organisasi perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Oleh sebab itu, penting untuk memahami struktur organisasi perusahaan agar implementasi wewenang dapat dipertanggungjawabkan oleh masing-masing individu dalam perusahaan tersebut.

Mengurangi Konflik Internal

Salah satu fungsi struktur organisasi adalah meminimalisasi konflik internal di dalam perusahaan dapat dihindarkan karena kemungkinan terjadinya tumpang tindih pekerjaan atau tidak dikerjakannya suatu pekerjaan menjadi sangat kecil.

Baca Juga: Berikut 4 Jenis Struktur Organisasi Perusahaan

Efisiensi Operasional

Fungsi selanjutnya adalah efisiensi operasional. Sistem operasional beserta segala kebutuhan dapat dicukupi dengan lebih efektif dan efisien jika perusahaan mempunyai struktur organisasi yang jelas dan tertata. Dalam deskripsi struktur organisasi tentu terdapat prosedur atau operasional dari masing-masing tugas sehingga tiap tim dapat mengoptimalkan kinerjanya.

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Fungsi yang juga penting adalah meningkatkan produktivitas karyawan. Apabila struktur organisasi beserta deskripsi dan panduannya disampaikan dengan baik kepada karyawan, maka akan semakin meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Dengan begitu, pekerjaan yang dilakukan akan semakin baik yang tentunya berdampak pada peningkatan produktivitas karyawan.

Nah, itu tadi 5 Fungsi Struktur Organisasi Perusahaan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Manfaat Struktur Organisasi Perusahaan!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian