icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pahami 5 Jenis Pelatihan Sumber Daya Manusia Ini!
Siker.id | 15 Sep 2022 13:06


Bagikan ke
Jenis pelatihan sumber daya manusia (siker)

siker.id – Sumber daya manusia merupakan tolok ukur penting bagi perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya. Memiliki sumber daya manusia yang berkualitas tentu akan menjamin output yang baik pula bagi perusahaan. Ketika SDM (sumber daya manusia) perusahaan ini mampu menghasilkan produktivitas tinggi dalam bekerja, perusahaan akan memperoleh imbas yang positif dari para karyawan mereka.

Nah, untuk itu perusahaan perlu melatih dan membina SDM mereka agar mereka mampu mencapai visi, misi serta tujuan perusahaan itu sendiri. Dalam hal ini, terdapat beberapa jenis pelatihan untuk mengasah keterampilan para karyawan yang bisa dilakukan perusahaan. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Jenis Pelatihan Karyawan

Pelatihan Bahasa

Jenis pelatihan pertama yang bisa diterapkan adalah pelatihan bahasa. Pelatihan bahasa bagi SDM menjadi penting karena di masa depan atau bahkan saat ini beberapa perusahaan lokal sudah terhubung dengan perusahaan asing. Dengan adanya pelatihan bahasa maka karyawan dapat meningkatkan komunikasi bahasa asing dan dapat memberikan value tambahan pada karyawan.

Pelatihan Keahlian

Jenis pelatihan selanjutnya adalah pelatihan keahlian. Pelatihan karyawan yang pertama dan biasa dilakukan oleh sebagian besar perusahaan adalah pelatihan keahlian atau skill training. Pelatihan keahlian ini mencakup penilaian akan kebutuhan ataupun kekurangan yang kemudian diidentifikasi melalui penilaian yang lebih dalam. Sehingga dengan pelatihan keahlian ini, karyawan dapat mengetahui kemampuan apa yang mereka miliki guna menunjang pekerjaannya.

Pelatihan Ulang

Pelatihan selanjutnya adalah pelatihan ulang. Pengembangan SDM juga dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan ulang atau retraining. Perusahaan tentu akan selalu mengalami perubahan yang mempengaruhi pekerjaan karyawan. Retraining diberikan guna karyawan dapat lebih percaya diri menghadapi dan menyelesaikan tuntutan pekerjaan yang tidak selalu sama setiap waktunya.

Baca Juga: Berikut 4 Jenis Pelatihan Skill Karyawan

Cross Functional Training

Jenis pelatihan yang bisa dilakukan selanjutnya adalah melakukan pelatihan lintas fungsional. Ini merupakan pelatihan yang akan melibatkan para karyawan perusahaan agar mampu melakukan aktivitas pekerjaan pada bidang lain yang belum tentu dikuasai oleh mereka. Hal ini tentu saja sebagai langkah inovasi perusahaan dalam memperluas pengetahuan para karyawannya.

Pelatihan Teknologi

Jenis pelatihan yang tak kalah penting adalah pelatihan teknologi. Beberapa perusahaan atau fungsi pasti menerapkan teknologi. Contohnya adalah digital marketing, developer, dan juga administrasi. Pelatihan teknologi bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan keahlian karyawan.

Nah, itu tadi 5 Jenis Pelatihan Sumber Daya Manusia yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Selain Pelatihan Berikut Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

TAG :

Komentar