5 Tips Manjur Menjadi Seorang Content Writer!
Siker.id | 14 Sep 2022 16:33


Bagikan ke
Tips manjur menjadi seorang contentent writer (siker)

siker.id – Apakah kamu tertarik menekuni pekerjaan di bidang penulisan? Kalau begitu, kamu bisa mencoba untuk menjadi seorang content writer. Apa itu content writer?

Melansir laman Copify, content writer merupakan seorang penulis profesional yang memproduksi konten-konten menarik di media online. Konten yang mereka ciptakan bisa berbentuk artikel blog, post di sosial media, atau apa pun yang ditulis dalam platform online.

Nah, lantas bagaimana cara untuk menjadi seorang content writer? Apa saja tips-tipsnya? Berikut penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Skill Wajib yang Harus Dimiliki UX Writer

Pilih Jenis Tulisan

Tips pertama yang bisa kamu gunakan adalah memilih jenis tulisan terlebih dahulu. Ruang lingkup penulisan konten sangatlah luas. Terdapat berbagai jenis format konten yang dapat kamu fokuskan, misalnya menulis blog, menulis konten SEO, menulis situs web, copywriting, podcast, scriptwriting, video scriptwriting, penulisan akademik, dan lainnya.

Selain itu, content writer juga memiliki peluang untuk bekerja di industri apa pun yang disukai karena hampir seluruh industri kini menjalankan content marketing, misalnya blog fashion, olahraga, konten terkini atau jurnalisme, konten pemasaran, konten pendidikan, konten kreatif, dan lainnya.

Rutin Membaca Buku

Tips selanjutnya adalah rutin membaca buku. Dengan banyak membaca buku pikiranmu akan semakin terbuka dan kamu bisa mendapatkan banyak ilmu yang bisa diterapkan untuk mulai menulis artikel.

Buku yang kamu baca juga tidak harus selalu buku tentang teori untuk menjadi content writer kok. Karena membaca buku novel, biografi seorang tokoh, atau buku psikologi sekalipun sudah cukup untuk melatih kemampuan untuk menjadi seorang content writer.

Latihan Menulis

Tips selanjutnya adalah mencoba berlatih menulis. Menulis dan mengedit adalah dua hal yang tidak boleh dilakukan bersama-sama. Tahan keinginan untuk mengedit tulisan sebelum kamu menyelesaikannya.

Baca Juga: 5 Tips Menulis Artikel bagi Penulis Pemula

Riset

Tips yang juga penting adalah melakukan riset. Penulis konten yang tidak melakukan riset, khususnya dalam era internet ini, akan dianggap pemalas. Pasalnya, ada begitu banyak data dan informasi yang tersedia di internet. Kamu dapat menggunakannya untuk menyusun konten lebih baik lagi.

Ikut Pelatihan

Tips terakhir yang bisa kamu gunakan adalah mengikuti sebuah pelatihan penulisan. Selain menambah ilmu, mengikuti pelatihan juga bermanfaat untuk membuatmu mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini bisa kamu cantumkan di CV sehingga bisa menjadi nilai tambah untukmu di mata HRD, terlebih jika jurusan kuliah kamu bukan jurnalistik atau sastra.

Nah, itu tadi 5 Tips Manjur Menjadi Seorang Content Writer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Cara Membuang Insecure saat Menulis


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar