6 Jenis Hard Skill yang Bisa Kamu Pelajari!
Siker.id | 13 Sep 2022 16:10


Bagikan ke
Jenis Hard Skill (siker)

siker.id – Dalam dunia kerja, kemampuan atau keterampilan yang dibutuhkan selain softskill adalah hard skill. Apa itu hard skill? Menurut laman accurate.id, hard skill ialah kemampuan yang dapat dipelajari yang diperoleh dan ditingkatkan melalui latihan, pengulangan, dan pendidikan. Hard skill penting karena dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi karyawan juga meningkatkan kepuasan karyawan.

Hard skill juga merupakan bagian dari rangkaian keterampilan yang diperlukan untuk suatu pekerjaan. Hard skill merupakan suatu keahlian yang diperlukan bagi seorang individu untuk berhasil melakukan pekerjaan.

Nah, hard skill ini juga terdapat jenisnya, lho. Apa saja kah itu? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Pelajari 6 Skill Ini Jika Ingin Menjadi Backend Developer!

Keterampilan Desain

Jenis hard skill yang pertama yakni keterampilan desain. Keahlian desain ini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap orang yang bekerja dalam dunia kreativitas.

Desain dalam konteks ini bukan hanya terbatas pada kaitannya dengan membuat website ataupun portal online saja, namun juga bisa dalam bidang fesyen, furniture, hingga berbagai bidang lain yang membutuhkan keahlian ini seperti membuat perencanaan media sosial, serta desain lain yang dibutuhkan perusahaan.

Keterampilan Komputer

Jenis hard skill selanjutnya adalah keterampilan komputer. Kemampuan menggunakan teknologi komputer sangat penting dalam menyelesaikan pekerjaan. Terlebih lagi, di kondisi pandemi seperti ini, semua serba online. Kebanyakan perusahaan mengharuskan karyawannya memiliki computer skill yang basic seperti Microsoft Office.

Keterampilan Analisis Data

Jenis selanjutnya adalah keterampilan analisis data. Keahlian analisis data sangat dihargai di berbagai industri tidak hanya di bidang keuangan. Kemampuan untuk menganalisis data dan kemudian menggunakan informasi itu untuk kepentingan perusahaanmu sangat berguna.

Baca Juga: Pelajari 5 Skill Seorang Business Development Ini!

Pemasaran

Jenis hard skill selanjutnya yang bisa dikuasai adalah pemasaran. Keterampilan pemasaran yang dimaksud adalah kemampuan untuk meyakinkan konsumen untuk membeli produk atau layanan perusahaan akan selalu sangat berharga bagi calon pemberi kerja. Beberapa hard skills pemasaran yang sangat dicari dalam beberapa tahun terakhir antara lain, SEO, SEM, dan marketing campaign management.

Keterampilan Menulis

Jenis hard skill selanjutnya adalah keterampilan dalam menulis. Keterampilan menulis ini dianggap menjadi keterampilan yang saat ini banyak dicari. Terlebih dalam dunia digital marketing, seorang content writer sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

Nah, untuk itu bila kamu ingin memiliki keterampilan ini, kamu harus memiliki pemahaman kuat mengenai teknik menulis. Sebab, ini akan meningkatkanmu pada pekerjaan apapun yang membutuhkan penulisan (laporan triwulanan, presentasi untuk klien, promosi penjualan, dan sebagainya).

Manajemen Proyek

Jenis hard skill selanjutnya adalah manajemen proyek. Manajemen proyek merupakan sebuah profesi yang mencakup berbagai industri, termasuk teknologi informasi, perawatan kesehatan, dan konstruksi. Karena itu, keterampilan manajemen proyek telah menjadi sangat berharga bagi banyak pengusaha.

Nah, itu tadi 6 Jenis Hard Skill yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Softskill yang Harus Dimiliki Pekerja Muda


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar