5 Hal Positif Sifat Detail-Oriented
Siker.id | 13 Sep 2022 15:10


Bagikan ke
Hal Positif Sifat Detail-Oriented (siker)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id – Apakah kamu orang yang detail dan menyukai hal-hal yang rinci? Kamu perlu untuk bersyukur, ya! Pasalnya, memiliki sifat ini akan menjadikanmu lebih baik dalam hal apa saja. Dalam pekerjaan, ketika kamu memiliki sifat ini akan membantu kamu melakukan pekerjaan secara utuh dan lengkap. Sebagai contoh, kamu mungkin akan lebih teliti dalam mengerjakan suatu tugas atau kamu mampu mengingat apa saja tugas lain yang perlu kamu selesaikan.

Nah, selain kedua hal tersebut ternyata juga terdapat hal positif lainnya dari sifat detail-oriented mu itu? Penasaran apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini, sobat siker!

Baca Juga: 3 Keuntungan Memiliki Sifat Optimis

Kemampuan Pengelolaan yang Baik

Hal pertama adalah memiliki kemampuan pengelolaan yang baik. Mengingat orang yang detail-oriented sangat teliti dan perhatian pada detail, keterampilan manajemen menjadi sesuatu yang mereka kuasai dengan baik. Daftar pekerjaan, to do list, target, dan sejenisnya adalah hal yang biasa bagi orang-orang detail-oriented.

Memiliki Memori yang Baik

Hal positif kedua yang bisa didapatkan dari detail oriented adalah memori yang baik. Orang-orang yang detail oriented ini biasanya tidak bermasalah dalam mengingat informasi penting.

Bahkan tidak jarang rekan kerja bisa mengandalkan mereka untuk mengingat sesuatu, semisal hasil rapat yang sudah berlalu di hari sebelumnya.

Pemecah Masalah

Hal positif ketiga yakni mempunyai kemampuan sebagai pemecah masalah. Kemampuan memecahkan masalah atau yang biasa disebut problem solving memang sangat dibutuhkan dalam bidang apapun. Ternyata, seseorang yang detail oriented cenderung memiliki kemampuan ini. Yups, biasanya hal ini hadir lewat kemampuan seseorang yang detail oriented untuk memecahkan masalah dan memperbaiki kesalahan mereka sendiri.

Baca Juga: 3 Manfaat Nyata Memiliki Sifat Pekerja Keras

Mampu Mengetahui Kesalahan

Hal positif selanjutnya adalah mampu mengetahui kesalahan. Sifat detail-oriented menjadikan seseorang mampu mendeteksi jika terjadi kesalahan. Tak hanya itu, mereka cenderung memperbaiki dengan segera karena ingin segala sesuatu hingga detail-nya berjalan dengan baik.

Inilah mengapa orang dengan karakter detail-oriented dibutuhkan pada pekerjaan yang membutuhkan ketelitian seperti editor.

Fokus pada Pekerjaan

Hal positif terakhir ialah memiliki kemampuan untuk fokus pada satu pekerjaan. Orang yang detail-oriented ingin pekerjaan selesai secara menyeluruh secara rinci, sehingga mereka tidak akan melompati langkah atau terburu-buru.

Nah, itu tadi 5 Hal Positif Sifat Detail-Oriented yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Sifat yang Dimiliki Orang Sukses


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian