icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pahami 5 Pekerjaan Seorang Analis Kredit Ini!
Siker.id | 13 Sep 2022 14:10


Bagikan ke
Pekerjaan seorang analis kredit (siker)

siker.id – Pernahkah kamu membayangkan apa saja jenis pekerjaan yang ada di bidang keuangan khususnya bank dan leasing? Nah, salah satu pekerjaan yang ada di sana yakni, analis kredit. Apa itu analis kredit?

Analis kredit merupakan seseorang yang bertugas untuk menganalisis data pinjaman dan penyataan keuangan perorangan atau perusahaan, untuk menentukan tingkat risiko mereka, yang berkaitan dengan perpanjangan kredit atau peminjaman uang. Seorang analis kredit juga menyiapkan laporan dengan informasi kredit untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.

Lantas, apa saja pekerjaan lain seorang analis kredit ini? Simak ulasannya di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: Apa itu Pekerjaan Manajer Produksi? Begini penjelasannya!

Menganalisis Data Pinjaman

Salah satu tugas seorang analis kredit adalah menganalisis data pinjaman dan pernyataan keuangan perorangan atau perusahaan. Tujuannya adalah untuk menentukan tingkat resiko mereka yang berkaitan dengan peminjaman uang maupun perpajangan kredit.

Membuat Perbandingan Keuangan

Analis kredit juga bertanggung jawab membuat perbandingan keuangan dengan menggunakan program komputer. Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi kondisi keuangan calon peminjam sehingga bisa disimpulkan apakah mereka layak untuk diberikan kredit atau tidak.

Memperhitungkan Risiko

Tugas selanjutnya dari seorang analis kredit adalah memperhitungkan risiko dengan menganalisis bisnis dan keuangan klien. Perusahaan tempat analis kredit bekerja mendapatkan profit dengan menyediakan kredit untuk para calon debitur.

Oleh karena itu, seorang analis kredit harus memperhitungkan dan menemukan potensi risiko terkecil setelah mengumpulkan data debitur. Analis kredit akan mencari tahu dan menganalisa pola-pola penipuan yang sudah atau mungkin terjadi.

Baca Juga: Pahami Pekerjaan Manajer Database Ini!

Mengawasi Piutang Klien

Tugas selanjutnya adalah mengawasi piutang klien. Saat klien atau calon klien mengajukan permohonan kredit, analis kredit akan memverifikasi data klien. Kemudian, analis kredit juga akan memperhatikan aktivitas piutang yang pernah atau sedang dilakukan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa klien memiliki track record yang baik.

Menyiapkan Laporan

Seorang analis kredit tentunya perlu menyiapkan laporan yang isinya mencakup tingkat resiko yang berkaitan dengan perpanjangan kredit atau peminjaman uang. Data-data yang dicantumkan dalam laporan tersebut berguna apabila terdapat masalah pada debitur di masa mendatang.

Nah, itu tadi 5 Pekerjaan Seorang Analis Kredit yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Cara Bersantai Di Kantor Setelah Pekerjaan Selesai


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar
Pencarian