icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Inilah 6 Alasan Pentingnya Data Driven!
Siker.id | 12 Sep 2022 17:00


Bagikan ke
Alasan pentingnya data driven (siker)

siker.id – Kini, data menjadi hal yang penting. Terlebih dalam digitalisasi yang membutuhkan data dalam prosesnya. Nah, cara pekerjaan yang menggunakan data biasanya disebut dengan data driven. Data driven adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan proses atau aktivitas tertentu berdasarkan data yang tersedia.

Jadi, peran data driven sangat penting bagi pengambilan keputusan strategis di perusahaan. Fungsi utama menjalankan suatu proses atau aktivitas berdasarkan data driven tingkat akurasinya tinggi dan lebih tervalidasi sesuai data yang dikumpulkan.

Bisa dikatakan data driven ini penting dilakukan, mengapa? Berikut ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Apa itu Data Center? Begini penjelasannya!

Mempermudah dalam Pengambilan Keputusan

Alasan pertama mengapa data driven ini penting karena data driven ini mampu membuat keputusan cepat demi kebaikan perusahaan. Data driven memberikan data penting, seperti perilaku pelanggan, tren pasar, dan demografi pelanggan yang sangat penting untuk mengambil kebijakan perusahaan dengan tepat.

Membuat Pekerja Menjadi Lebih Baik

Selanjutnya, alasan pentingnya data driven adalah membuat pekerja menjadi lebih baik. Melakukan pekerjaan berdasarkan data akan memaksamu untuk tidak asal bekerja, bahkan dalam mengambil keputusan.

Segala pekerjaan dan keputusanmu harus selalu diambil berdasarkan data yang ada. Bekerja berdasarkan data juga membuat lebih terlatih dalam menafsirkan data.

Membuat Pekerjaan Menjadi Lebih Terarah

Data driven juga dianggap mampu membuat pekerjaan menjadi lebih terarah. Karena harus berdasarkan pada data, maka data driven pun bisa membuat pekerjaanmu lebih terarah. Data sendiri nantinya akan memberikan gambaran sejumlah hal yang berkaitan dengan pekerjaanmu.

Baca Juga: Apa itu Data Scientist? Berikut penjelasannya!

Membantu dalam Memprediksi Masa Depan

Alasan penting lain dari data driven adalah membantu dalam memprediksi masa depan. Data driven dapat membuatmu jadi lebih mudah untuk memprediksi masa depan. Tentu hal ini tidak bisa lepas dari sisi akurasi data driven itu sendiri. Jadi, jika kamu nantinya menggunakan data driven di dalam pekerjaan, kamu pun bisa melakukan berbagai prediksi yang bisa saja terjadi di masa depan.

Meningkatkan Layanan Pelanggan

Selain membantu memprediksi masa depan, data driven juga diklain mampu meningkatkan layanan pelanggan. Perusahaan dapat memakai data untuk menentukan apa yang disukai konsumen. Sebagai contoh, perusahaan bisa mempelajari cara apa yang paling cepat dan efisien dalam menjawab masalah konsumen. Katakanlah data menunjukkan konsumen suka memakai WhatsApp. Dari sini, dapat dikatakan bahwa data driven adalah salah satu kunci meningkatkan layanan yang lebih baik bagi konsumen.

Membantu Meningkatkan Penjualan

Alasan penting dari data driven selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan penjualan. Tiap bisnis ingin memaksimalkan pertumbuhan omzet. Di pasar global yang kompetitif, data driven adalah senjata ampuh menerjemahkan data menjadi peluang pendapatan.

Sebagai contoh, pertumbuhan penjualan yang lebih lambat dapat menjadi tanda kinerja tim penjualan yang biasa-biasa saja. Dengan menggali data, manajer dapat mengidentifikasi masalah dan mengembangkan strategi penjualan yang tepat.

Nah, itu tadi 6 Alasan Pentingnya Data Driven yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Tips Memulai Karir sebagai Data Architect


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar