icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pelajari 6 Skill Ini Jika Ingin Menjadi Backend Developer!
Siker.id | 12 Sep 2022 15:06


Bagikan ke
Skill jika ingin menjadi backend developer (siker)

siker.id – Apakah kamu tertarik untuk bekerja di bidang IT? Jika kamu tertarik, kamu bisa melamar pekerjaan sebagai seorang bcakend developer, lho! Apa itu backend developer? Backend developer merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk mengelola server website (server-side). Maksdunya, seorang backend developer perlu memastikan website bekerja dengan baik dalam kaitan pertukaran data dari browser ke server.

Secara umum, tugas seorang back end developer yakni, melakukan pengecekan terhadap berbagai program inti dan fitur yang terdapat di balik software. Selain itu, backend developer juga menangani database dan membuat alur website yang terstruktur.

Nah, untuk itu bila kamu tertarik ingin menjadi seorang backend developer, kamu harus memiliki dan mempelajari skill-skillnya. Apa saja? Berikut ulasannya!

Baca Juga: 4 Pertanyaan Interview Seputar Game Developer

Manajemen Database

Skill pertama yang perlu dikuasai adalah manajemen database. Back end developer wajib memahami manajemen atau pengelolaan mulai dari pembuatan, input data, edit data, hapus data, dan sebagainya. Ada dua jenis database yang bisa dipelajari yaitu NoSQL dan SQL. Keduanya digunakan untuk manajemen jenis data berbeda.

Bahasa Pemrograman Terkait Server

Skill kedua adalah mampu memahami bahasa pemrogaman. Seorang backend developer harus menguasai bahasa pemrograman terkait server. Contohnya, PHP sebagai bahasa pemrograman yang ramah bagi pemula karena aturan penulisan yang sederhana.

Selain itu, PHP juga mendukung berbagai jenis web hosting. Hal ini tentu merupakan keuntungan mengingat saat ini banyak website yang masih menggunakan PHP. Artinya, kamu dapat mengerjakan banyak project dari klien yang membutuhkan keahlian PHP.

Namun, menguasai PHP saja tidaklah cukup. Kamu juga perlu mempelajari bahasa pemrograman lain, seperti JavaScript.

Framework Backend

Skill selanjutnya adalah framework back end. Framework diciptakan untuk memudahkan developer melakukan coding berulang. Jadi, developer tidak harus selalu coding dari awal. Beberapa framework yang sebaiknya dikuasai antara lain Laravel, Codeigniter, Rails, dll. Sebaiknya, sesuaikan saja dengan bahasa pemrograman yang dipakai.

Baca Juga: 3 Kemampuan yang Wajib Dimiliki Developer

Manajemen API

Skill keempat yang harus dimiliki adalah manajemen API. Seorang backend developer harus menguasai manajemen API. Pada dasarnya, API adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menghubungkan berbagai aplikasi atau bahasa pemrograman.

Dengan adanya API, sebuah website dapat berkomunikasi dengan aplikasi atau website lain. Maka, Anda dapat mengembangkan website menjadi lebih besar lagi.

Manajemen Server

Skill yang tak kalah penting yang perlu dikuasai adalah manajemen server. Manajemen server wajib dipahami back end developer karena ranah kerjanya memang di sini. Server sendiri merupakan bagian yang bertugas menerima dan memproses request dari pengguna.

Git

Skill yang juga bisa dipelajari adalah Git. Ini berguna bagi back end developer yang sedang mengembangkan software kompleks. Git dipakai sebagai Version Control System yang merekam setiap perubahan pada kode. Salah satu Git paling populer adalah Github.

Nah, itu tadi 6 Skill Ini Jika Ingin Menjadi Backend Developer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 List Pertanyaan Untuk Posisi Backend Developer


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar