Pahami 4 Fungsi Akuntansi bagi Bisnis!
Siker.id | 09 Sep 2022 13:07


Bagikan ke
Fungsi akuntansi bagi bisnis (siker)

siker.id – Perusahaan tentu memiliki bidang keuangan dalam mengatur tata kelola keuangan perusahaan. Sebab, lancar tidaknya aktivitas perusahaan juga bergantung dengan bidang keuangan. Bidang keuangan sendiri memiliki banyak komponen untuk mendukung prosesnya. Salah satunya adalah akuntansi.

Menurut ahli ekonomi, Suwardjono, menjelaskan bahwa akuntansi dapat digambarkan sebagai seperangkat alat atau kegiatan untuk mempelajari perekayasaan penyediaan jasa berupa informasi keuangan kuantitatif unit-unit organisasi dalam suatu lingkungan negara tertentu dan cara pelaporan informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Nah, di dalam akuntansi sendiri memiliki beberapa fungsi. Lantas, apa saja fungsi yang dimiliki akuntansi bagi suatu bisnis? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Pahami Jenis Akuntansi Ini!

Alat Pengontrol dan Pengendali Keuangan

Fungsi pertama adalah sebagai alat pengontrol dan pengendali keuangan. Manfaat akuntansi dalam memberikan informasi pengelolaan dana seperti laba yang dihasilkan dan kerugian yang diderita oleh perusahaan secara tidak langsung berfungsi sebagai alat pengendali keuangan perusahaan.

Dasar Pembayaran Pajak

Fungsi kedua adalah sebagai dasar untuk menghitung pajak. Perusahaan sendiri memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada negara. Besar pajak yang harus dipenuhi tersebut akan disesuaikan dengan kondisi dari laba perusahaan.

Laba atau keuntungan yang telah diperoleh perusahaan dalam suatu periode tertentu akan dapat diketahui melalui adanya proses akuntansi. Selain itu, kebijakan pajak perusahaan juga akan dapat ditentukan dengan menganalisis laporan keuangan.

Baca Juga: 3 Prospek Kerja Lulusan Sarjana Akuntansi

Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Fungsi selanjutnya adalah dapat berfungsi sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan perusahaan. Dengan laporan lengkap, akurat, dan real-time, manajemen akan dapat mengambil keputusan finansial yang lebih baik untuk perusahaan. Manajemen dapat mengetahui proses apa saja yang memakan paling banyak biaya, mana yang biayanya bisa di kurangi, dan lain-lain.

Membantu Meningkatkan Tujuan Perusahaan

Fungsi selanjutnya adalah membantu meningkatkan tujuan perusahaan. Tujuan akuntansi keuangan menjadi bantuan perusahaan untuk mencapai tujuan yang sudah ditargetkan sebelumnya. Maka dari itu, seorang akuntan mempunyai tanggung jawab dalam menyampaikan data terkait finansial dalam sebuah usaha. Seorang akuntan membutuhkan kemampuan untuk menganalisis, melakukan evaluasi, dan meraih tujuan yang sudah menjadi target kedepannya.

Nah, itu tadi 4 Fungsi Akuntansi bagi Bisnis yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Siklus Akuntansi pada Perusahaan Jasa


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar