5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Kantor!
Siker.id | 08 Sep 2022 15:14


Bagikan ke
Cara meningkatkan kepercayaan diri di kantor (siker)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id – Apakah kamu pernah merasa insecure dalam bekerja? Merasa bahwa kamu tidak memiliki kemampuan untuk mengerjakan sesuatu? Atau kamu merasa minder dan menjadi tidak bersemangat saat berpapasan dengan teman kantormu? Nah, jika kamu merasa seperti ini kamu harus hati-hati, lho!

Pasalnya, hal ini dapat berimbas pada tingkat kepercayaan dirimu, sobat siker. Ketika tingkat kepercayaan dirimu turun, ini akan mempengaruhi produktivitasmu sebagai seorang pekerja, lho. Untuk itu, kamu harus mampu meningkatkan kepercayaan dirimu kembali, ya! Lalu bagaimana caranya? Simak caranya di bawah ini!

Baca Juga: 3 Cara Basmi Hal Toxic Dalam Diri

Identifikasi Kelebihan & Kekurangan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengindentifikasi kelebihan dan kekuranganmu. Cobalah untuk mengenali dirimu dengan jujur, cari tahu apa yang menjadi kekurangan dan kelebihanmu.

Tak ada orang lain yang mengetahui kemampuanmu kecuali dirimu sendiri. Beberapa penyebab yang membuat orang kurang percaya diri adalah karena tidak menyadari kelebihan mereka dan malah terlalu fokus terhadap kekurangannya.

Susun Daftar Kesuksesan yang Pernah Dicapai

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyusun daftar raihan kesuksesanmu. Rasa minder sangat wajar muncul saat kamu belum berhasil dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Bahkan kamu bisa saja melupakan kesuksesan kecil yang sudah diraih hanya karena adanya kegagalan di tengah jalan.

Nah, daripada hanya fokus pada kegagalan, cobalah menyusun daftar kesuksesan yang pernah kamu raih di dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan pribadimu. Hal ini tentu akan membuatmu kembali semangat!

Selalu Up-to-date

Sebagai pekerja, cobalah untuk tetap memperbarui informasi, khususnya mengenai hal yang berkaitan dengan pekerjaanmu. Jangan sampai melewatkan informasi yang ada di depan matamu. Ketika merasa kurang mengerti terhadap sesuatu hal, jangan ragu untuk menanyakan ke rekanmu.

Ketika kamu memiliki informasi yang cukup dan ada rekan kerjamu yang menanyakan informasi, maka jawabanmu akan membantunya. Memiliki informasi dan pengetahuan yang cukup tersebut dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

Baca Juga: 3 Tips Mendapatkan Kepercayaan dari Atasan

Jangan Remehkan Penampilan

Penampilan merupakan faktor pendukung kepercayaan diri. Penampilan yang baik akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Bagi rekan kerja atau orang lain yang melihat pasti akan terkesan dengan penampilanmu.

Maka dari itu, tunjukkan penampilan terbaikmu di kantor agar rekan kerja dan atasan menghargaimu, sobat siker.

Selalu Bersyukur

Untuk menghilangkan rasa insecure-mu itu, kamu perlu bersyukur, lho, sobat siker! Bersyukur adalah cara yang efektif dalam membangun percaya diri. Jangan membandingkan setiap detail diri kamu dengan orang lain.

Belajarlah untuk bersyukur menerima kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Setiap kelebihan yang kamu miliki belum tentu dimiliki orang lain dan kamu harus mengandalkannya agar lebih produktif.

Nah, itu tadi 5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Kantor yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Alasan Perlu Instropeksi Diri Seminggu Sekali


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian