icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Kenali 4 Tugas Seorang Manajer Penjualan Ini!
Siker.id | 07 Sep 2022 15:19


Bagikan ke
Tugas Seorang Manajer Penjualan (siker)

siker.id – Patokan pendapatan perusahaan bisa diukur dari seberapa besar penjualan bisnisnya. Ketika penjualan perusahaan menurun, tentu akan berimbas pada penurunan pendapatan perusahaan. Begitu pula sebaliknya, jadi penjualan ini merupakan bidang perusahaan yang amat penting. Apabila bidang penjualan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, tentu dapat dilihat dari kinerja tim penjualan itu sendiri. Hal ini juga berkaitan dengan peran dan tanggung jawab seorang manajer penjualan.

Lantas, apa saja tugas dan tanggung jawab dari seorang manajer penjualan ini? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Manajer Produk!

Memimpin Tim Penjualan

Tugas utama seorang manajer pemasaran adalah memimpin timnya atau para sales. Maksudnya, dia adalah seorang yang memimpin penjualan. Itulah mengapa seseorang yang ingin menjadi manajer pemasaran, harus mampu menjadi pemimpin yang andal. Selain itu, mereka juga harus bisa menganalisis data para sales, baik itu data mingguan, maupun bulanan.

Memotivasi Anggota Tim

Tugas yang harus dilakukan oleh seorang manajer penjualan adalah mampu memotivasi anggota tim. Penjualan adalah pekerjaan yang sangat berat di mana anggota tim penjualan harus siap untuk menghadapi penolakan dari calon konsumen berulang kali. Di sisi lain, banyak anggota tim penjualan yang tidak termotivasi kecuali dan sampai mereka berada di bawah tekanan.

Jadi, merupakan tanggung jawab pekerjaan Manajer Penjualan untuk mendorong tim penjualan agar bekerja dengan lebih baik dan dengan cara yang termotivasi.

Baca Juga: Apa itu Pekerjaan Manajer Produksi? Begini penjelasannya!

Menentukan Jadwal Promosi

Tugas selanjutnya adalah menentukan jadwal promosi. Menentukan kapan harus promosi juga sebagian tugas dari seorang sales manager. Sebagai contoh, dalam menentukan kapan sales harus menawarkan promo atau diskon. Tujuannya untuk menarik perhatian dan minat pasar.

Memperluas Pangsa Pasar

Salah satu tugas seorang manajer penjualan ialah melakukan penggunaan berbagai macam strategi segmentasi dalam penjualannya. Dalam kondisi pasar yang sudah jenuh karena banyaknya persaingan, manajer penjualan harus bekerja sama dengan departemen pemasaran untuk menarik pelanggan dengan lebih baik.

Di pasar geografis yang begitu luas, manajer penjualan harus bekerja dengan rantai suplai (logistik) untuk mempengaruhi distribusi maksimum. Dengan demikian, perluasan pangsa pasar dan peningkatan penjualan sepenuhnya berada di tangan seorang manajer penjualan.

Nah, itu tadi 4 Tugas Seorang Manajer Penjualan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami Pekerjaan Manajer Database Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar