5 Alasan Manajemen Informasi Penting Dilakukan
Siker.id | 07 Sep 2022 14:11


Bagikan ke
Alasan manajemen informasi penting dilakukan (siker)

siker.id – Perusahaan tentu memiliki banyak informasi yang dapat digunakan untuk kepentingan perusahaan. Untuk itu, perusahaan memerlukan suatu tata kelola yang baik. Tata kelola tersebut dinamakan dengan manajemen informasi.

Manajemen informasi atau information management merupakan pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan pemeliharaan data dan jenis informasi lainnya. Ini melibatkan pengumpulan, penyebaran, pengarsipan dan penghancuran informasi dalam segala bentuknya.

Lantas, mengapa manajemen informasi ini begitu penting? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Pahami 5 Peran Teknologi Informasi untuk Bisnis Ini!

Memastikan Kepatuhan terhadap Peraturan

Banyak organisasi harus bekerja dalam peraturan tentang bagaimana mereka menangani data klien dan bisnis. Sistem information management yang efektif memberikan pedoman yang menegakkan kepatuhan terhadap undang-undang dan peraturan, yang memungkinkan perusahaan untuk menghindari hukuman hukum dan keuangan yang dapat diakibatkan oleh pelanggaran yang tidak disengaja.

Mengadopsi Teknologi Baru

Manajemen informasi menyediakan kemampuan untuk mengadopsi teknologi yang lebih baru dan lebih efisien untuk mengelola informasi. Ini bisa berupa otomatisasi, solusi perusahaan, kecerdasan buatan, atau produk atau layanan teknologi apa pun yang akan membantu perusahaan memperoleh lebih banyak manfaat dari informasinya.

Baca Juga: 4 Manfaat Sistem Informasi Manajemen untuk Kamu Ketahui!

Mengurangi Risiko

Kegunaan yang penting dari manajemen informasi ini ialah untuk mengurangi risiko hukuman hukum dan keuangan terhadap organisasi. Ini mencapai ini dengan protokol yang terdefinisi dengan baik untuk merekam, menyimpan, menyebarkan dan menghancurkan data. Ini mengurangi kemungkinan pelanggaran dan meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan.

Mengontrol Pembuatan Catatan

Manajemen informasi yang efektif dapat membantu organisasi mengontrol pembuatan dan pertumbuhan arsip. Tanpa strategi yang pasti untuk membuat dan merekam informasi, tempat kerja dapat menghasilkan catatan kertas dan tanpa kertas yang berlebihan.

Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi

Suatu manajemen informasi juga dapat meningkatkan cara karyawan menyimpan dan mengambil informasi yang diperlukan selama aktivitas sehari-hari mereka. Ini juga dapat mempermudah penyebaran informasi ke berbagai penerima melalui berbagai saluran, memungkinkan tim untuk berkolaborasi dan berkomunikasi dengan mudah melintasi zona waktu dan lokasi.

Nah, itu tadi 5 Alasan Manajemen Informasi Penting Dilakukan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar