Pahami 4 Tujuan Manajemen Risiko Ini!
Siker.id | 07 Sep 2022 13:05


Bagikan ke
Tujuan manajemen risiko (siker)

siker.id – Di dalam suatu bisnis, pastinya terdapat risiko yang harus dipahami. Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan dapat menerapkan suatu sistem yang meminimalisasi risiko yang ada. Sistem tersebut dinamakan dengan manajemen risiko. Apa itu manajemen risiko?

Menurut Milton C Regan dalam bukunya “Risky Business”, definisi manajemen risiko yakni, penerapan beragam kebijakan dan prosedur untuk meminimalisasi peristiwa yang menurunkan kapasitas dan kualitas kerja perusahaan. Sedangkan menurut Noshworthy, definisi manajemen risiko adalah usaha mengurangi risiko dalam proses pelaksanaan teknis dan pengambilan keputusan bisnis.

Manajemen risiko ini juga memiliki tujuannya sendiri. Apa itu? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Pahami 5 Jenis Risiko Usaha Ini!

Minimalisasi Kerugian Akibat Terjadinya Risiko

Seusai risiko ditemukan dan dianalisis, maka pihak-pihak yang terkait dengan risiko perlu melakukan upaya agar risiko tidak sampai terjadi dan mengancam keberlangsungan bisnis. Dalam hal ini, manajer risiko bisa membantu para pihak terlibat menemukan solusi penanganan risiko, seperti melenyapkan potensi, meminimalisasi, atau mentransfer risiko ke pihak lain.

Memberikan Rasa Aman Bagi Stakeholder

Salah satu tujuan manajemen risiko perusahaan ialah agar stakeholder merasa aman dan percaya dengan integritas bisnis. Pemangku kepentingan atau stakeholder di sini bukan sebatas investor saja, tapi juga pekerja, supplier, asuransi, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan dengan perusahaan.

Baca Juga: Pahami 4 Risiko Investasi Saham Ini!

Mendorong Manajemen Proaktif

Tujuan manajemen risiko berikutnya adalah mendorong manajemen proaktif. Dorong manajemen untuk bertindak proaktif dalam mengurangi potensi risiko, dan menjadikan manajemen risiko sebagai sumber keunggulan kompetitif dan kinerja perusahaan.

Membantu Pembuatan Kerangka Kerja

Tujuan yang juga terdapat dalam manajemen risiko yakni, membantu pembuatan kerangka kerja. Membantu dalam proses menciptakan kerangka kerja manajemen risiko yang konsisten untuk risiko yang ada dalam proses bisnis dan fungsi dalam perusahaan.

Nah, itu tadi 4 Tujuan Manajemen Risiko yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Manfaat Manajemen Risiko bagi Perusahaan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian