Ini Dia 5 Tips untuk Menghindari Investasi Bodong!
Siker.id | 06 Sep 2022 17:00


Bagikan ke
Tips untuk Menghindari Investasi Bodong (siker)

siker.id – Memilih untuk memiliki sebuah investasi memang bermanfaat bagi diri kita. Dengan berinvestasi, kita akan memperoleh peluang mendapatkan keuntungan yang lebih pada jangka tertentu. Namun, kamu harus hati-hati dalam berinvestasi, ya! Mengapa?

Karna di luar sana juga banyak investasi-investasi bodong yang menawarkan iming-iming keuntungan besar dalam waktu sekejap. Ini tentu menggiurkan bagi orang awam yang kurang paham dalam berinvestasi. Tak jarang pula banyak orang yang terlanjur menjadi korban penipuan investasi bodong tersebut.

Maka dari itu, agar kamu tidak terjebak pada investasi abal-abal, begini 5 tips untuk menghindari investasi bodong. Simak di bawah ini, sobat siker!

Baca Juga: 5 Alasan Penting Mengapa Perlu Investasi Emas!

Cek Izin & Legalitas

Hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah mengecek izin dan legalitas dari perusahaan yang akan menjadi tempat investasimu. Pastikan pihak yang menawarkan investasi memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.

Apakah itu OJK, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan lainnya. Untuk investasi melalui aplikasi online, kamu harus mengecek terlebih dahulu apakah aplikasi tersebut telah mengantongi izin dari lembaga resmi yang mengawasi aplikasi keuangan dan trading seperti OJK dan BAPPEBTI.

Mempunyai Rencana Investasi yang Jelas

Tips selanjutnya adalah mempunyai rencana investasi yang jelas. Sebagai investor, kamu harus memiliki rencana investasi yang jelas terlebih dahulu. Tujuan keuangannya jelas untuk apa.

Instrumen investasinya juga harus jelas seperti apa. Memilih instrumen investasi harus sesuai profil resiko. Jika sudah memiliki rencana investasi yang jelas, kamu tidak akan mudah tergoda dengan investasi bodong.

Pelajari Perusahaan Investasi dalam Mengelola Dana Investasi

Sebagai investor, kamu harus mempelajari lebih dalam bagaimana perusahaan tersebut mengelola dana investasinya. Jika perusahaan tersebut terkesan menutupi dan berbelit-belit dalam menerangkannya, kamu perlu curiga dan berhati-hati dengan perusahaan tersebut.

Baca Juga: Pahami 4 Risiko Investasi Saham Ini!

Amati Bentuk & Cara Pemasaran Produknya

Tips selanjutnya ini juga penting. Sebagian besar produk investasi resmi memiliki mekanisme cara kerja dan pembagian keuntungan yang jelas. Karena, setiap kegiatan operasional mereka diatur sedemikian rupa dari pihak berwenang. Bahkan, tak sedikit perusahaan investasi legal yang bergerak dengan standar operasi baku.

Sebaliknya, perusahaan yang memasarkan produk investasi bodong justru tidak memiliki standar yang baku tentang proses pengelolaan dana nasabahnya. Bahkan, tak sedikit pula perusahaan yang tidak memiliki produk dan cara penjualan secara resmi.

Cari Tahu Imbal Hasil Yang Diberikan

Tips yang tak kalah penting ialah dengan mencari tahu imbal hasil yang diberikan apakah realistis atau tidak. Semakin tinggi imbal hasil yang ditawarkan, tentunya resiko dari investasi juga semakin tinggi. Bila ada perusahaan investasi yang berani memberikan bunga sangat tinggi, hendaknya kamu waspada.

Nah, itu tadi 5 Tips untuk Menghindari Investasi Bodong yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Tips Sebelum Memulai Investasi!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar