5 Tips Melakukan Omnichannel Marketing!
Siker.id | 05 Sep 2022 16:19


Bagikan ke
Tips Melakukan Omnichannel Marketing (siker)

siker.id – Dunia pemasaran kini telah berkembang pesat dan dinamis. Hal ini tak terlepas dari peran digitalisasi yang telah digunakan di berbagai negara dunia. Salah satu hal yang menarik dalam dunia pemasaran yang saat ini juga banyak dilakukan adalah strategi omnichannel. Apa itu omnichannel?

Omnichannel atau multisaluran yakni, sebuah pendekatan penjualan yang menggunakan banyak saluran untuk menjangkau pelanggan dan memberi mereka pengalaman belanja yang sangat baik. Ini mencakup semua cara merek dan pelanggan berinteraksi satu sama lain.

Lantas bagaimana cara melakukan strategi omnichannel yang baik ketika kita memiliki sebuah bisnis? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Pahami 4 Tugas Seorang Chief Marketing Officer Ini!

Mengenali Pelangganmu

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan strategi omnichannel ini adalah dengan memahami perilaku pelangganmu terlebih dahulu. Dalam hal ini, kamu bisa meninjau bagaimana pengalaman yang dialami oleh pelanggan secara teratur dalam meneliti, membeli, hingga terhubung dengan produkmu.

Untuk memahami pelanggan, kamu bisa menguji pengalaman mereka dengan berinteraksi melalui seluruh platform yang tersedia, perilaku saat melakukan pemesanan, mengirimkan kasus dukungan, serta berbagai metode pengujian lainnya. Bila mungkin, kamu juga bisa melakukan pengujian internal dan eksternal.

Menggunakan Tools Marketing yang Tepat

Kamu bisa mengidentifikasi tools dan solusi yang akan kamu gunakan untuk terhubung dengan para audiens setelah kamu mengenali target audiensmu.

Beberapa contoh tools yang dapat membantu antara lain:

• Software Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)

• Otomasi Pemasaran

• Manajemen Media Sosial

Melakukan Segmentasi Pengguna

Tips selanjutnya yang bisa kamu gunakan yakni, melakukan segmentasi pengguna bisnismu. Penting untuk mengelompokkan audiensmu berdasarkan titik data dan karakteristik audiens yang paling penting untuk tujuan bisnismu.

Kamu dapat mengembangkan segmen berdasarkan persona pembeli, jalur pembelian, status langganan, dan lainnya. Segmentasi yang tepat membantu perusahaan e-commerce secara efektif menangani upaya pemasaran dan pemasaran ulang.

Baca Juga: 3 Proses Penerapan Integrated Marketing Communication

Mempersonalisasikan Seluruh Platform Yang Digunakan

Untuk diketahui, personalisasi merupakan elemen yang sangat penting dalam omnichannel marketing. Menjadi penting karena personalisasi akan membuat konsumen kamu merasa dihargai. Kesuksesan personalisasi mengharuskanmu untuk membuat koneksi erat dengan setiap pelanggan.

Menggunakan Data Sebagai Basis dalam Menyusun Strategi

Tips yang tak kalah penting ialah menggunakan data sebagai basis saat menyusun strategi. Penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana customer berperilaku saat berbelanja.

Hal ini dapat dikenali dengan menggunakan data CRM. Dengan menggunakan data tersebut, maka kamu bisa membuat solusi terbaik untuk mengatasi berbagai tantangan yang mungkin terjadi.

Nah, itu tadi 5 Tips Melakukan Omnichannel Marketing yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Kesalahan Penggunaan Digital Marketing!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar