Pahami Jobdesc Virtual Assistant Ini!
Siker.id | 05 Sep 2022 15:08


Bagikan ke
Jobdesc Virtual Assistant (siker)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id – Perkembangan digitaliasasi yang terjadi telah membawa beberapa hal baru. Termasuk dalam beberapa pekerjaan, seperti virtual assistant. Apa itu virtual assistant?

Asisten virtual atau virtual assistant merupakan orang yang membantu mengerjakan tugas administratif dan dukungan bisnis secara online. Pekerjaan ini dapat dilakukan oleh karyawan tetap perusahaan maupun freelance.

Gaji virtual assistant termasuk besar untuk ukuran pekerjaan administratif. Terlebih jika bekerja di perusahaan negara tertentu dengan standar gaji sesuai minimum upah di negara tersebut.

Lalu, apa saja jobdesc dari seorang virtual assistant ini? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 3 Cara Lakukan Virtual Kolaborasi yang Efektif

Asisten Pribadi

Tugas pertama yang sangat mungkin adalah menjadi asisten pribadi di sebuah perusahaan. Tanggung jawabnya antara lain menyusun agenda, mengatur jadwal, melakukan panggilan telepon, dan masih banyak lagi.

Entry Data

Selanjutnya ada entry data yang juga merupakan tugas dari virtual assistant. Untuk tugasnya sendiri bisa terdiri dari pengumpulan data, memeriksa keakuratan data, serta menghapus data yang salah atau tidak diperlukan.

Baca Juga: 3 Tips Menjadi Pemimpin Secara Virtual

Mengelola Email

Selain mengelola media sosial, virtual assistant juga bertugas mengelola email. Lingkupnya sendiri bisa berbeda-beda tergantung job task. Virtual assistant bisa mengelola email pemasaran, membalas email sesuai arahan pimpinan, memblokir email spam, dan lain-lain.

Melayani Pelanggan

Virtual assistant juga dapat ditugaskan untuk melayani pelanggan secara online. Tugas virtual assistant ini berbeda dengan customer service utama yang dimiliki perusahaan. Virtual assistant dibekali dengan jawaban template untuk pertanyaan umum serta keluhan atau kasus yang ringan. Untuk menindaklanjuti keluhan yang belum selesai, pelanggan akan diarahkan ke customer service perusahaan.

Nah, itu tadi Jobdesc Virtual Assistant yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Ide Acara Virtual Team Building yang Bagus


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian