icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Tips Menghadapi Rekan Kantor yang Negatif
Siker.id | 02 Sep 2022 17:08


Bagikan ke
Tips Menghadapi Rekan Kantor yang Negatif (siker)

siker.id – Terkadang kita mendapati rekan kantor yang memiliki sifat negatif. Entah itu mengenai pekerjaan maupun hal di luar pekerjaan. Memang, memiliki rekan kerja yang tidak mendukung dan bermasalah tentu menjadi perhatian tersendiri. Kita bisa saja mendapatkan imbas negatif pula dari orang tersebut. Namun, sebagai pekerja yang bijaksana kamu harus mencari cara agar rekan kantormu itu tidak tersu menerus mengganggu pekerjaan dan mengurangi produktivitasmu itu.

Lantas, bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Dampak Negatif Dari Multitasking Pada Karyawan

Pahami Masalahnya

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memahami masalahnya. Tak semua hal yang dilakukan rekan kerja yang bersikap negatif ini perlu kamu tanggapi, apalagi dengan terburu-buru.

Hindari untuk langsung mengambil sikap terhadap perilakunya, sebab hal ini bisa saja membuat kamu justru menghabiskan waktu untuk mengurus berbagai hal yang tidak perlu. Pastikan kamu mengambil keputusan dengan bijak dan melihat terlebih dahulu masalah yang terjadi.

Diskusikan dengan Teman Lain

Tips kedua adalah diskusikanlah rekanmu yang bermasalah dengan rekan kerjamu yang lain. Jangan mengambil keputusan dengan terburu-buru, akan sangat baik bila kamu bercerita kepada rekan kerjamu yang dapat dipercaya.

Sampaikan apa yang kamu rasakan terkait perilaku kolegamu yang negatif tersebut dan mintalah pendapatnya juga. Hal ini mungkin dapat membuatmu melihat pandangan yang berbeda, apalagi jika ternyata yang bersangkutan justru mengetahui lebih banyak hal tentang rekanmu yang kerap bersikap negatif tersebut.

Dengarkan Masalahnya

Selanjutnya, kamu bisa memulai berbicara pada rekanmu tersebut. Cari waktu yang tepat dan tempat yang tenang.

Bincangkan masalah tersebut dengan kepala dingin dan ceritakan dengan lugas apa saja yang kamu rasakan tentang perilaku negatifnya. Kemudian tanyakan pada rekanmu itu bagaimana cara bekerja sama mengatasi dan memperbaikinya.

Baca Juga: 3 Cara Menjawab Komentar Negatif dari Orang-Orang

Tetap Berpikir Positif

Tips selanjutnya adalah tetap berpikir positif. Ketika mendengarkan keluhan dan cerita dari rekanmu itu, tentukanlah apakah ceritanya masuk akal atau tidak.

Apabila alasan yang disampaikan masuk akal dan kamu dapat memahaminya, kamu bisa mulai untuk menawarkan bantuan yang berupa saran dan solusi untuk perilaku kolega tersebut. Namun, kamu juga perlu untuk tetap memberi batasan yang jelas, karena posisimu bukan seorang konselor ataupun terapis.

Hindari Kontak Dengannya

Langkah terakhir apabila setelah berdiskusi rekanmu tersebut masih saja tidak menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik, maka hendaknya kamu mulai membatasi diri terhadapnya.Hindari kontak dengannya, apalagi jika dia kembali mulai mencoba untuk bercerita atau bahkan bersikap negatif seperti sebelumnya.

Nah, itu tadi 5 Tips Menghadapi Rekan Kantor yang Negatif yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Hal Negatif yang Sering Terjadi di Tempat Kerja


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar