Pahami 3 Proses Manajemen Strategis Ini!
Siker.id | 01 Sep 2022 16:20


Bagikan ke
Proses manajemen strategis (siker)

siker.id – Perusahaan-perusahaan pasti memiliki sebuah target atau tujuan yang ingin mereka raih baik dalam hal pemasaran, penjualan, sales, maupun perencanaan sumber daya manusia perusahaan. Untuk itu, perusahaan dapat menjalankan sebuah manajemen startegis. Pernahkah kalian mendengar istilah manajemen strategis? Apa itu manajemen strategis?

Para pakar manajemen memiliki definisi manajemen strategis masing-masing. Dari buku Strategic Management karya Nicholas S. Majluk dan Arnoldo C. Hax, manajemen strategis bisa dimaknai sebagai cara memandu perusahaan untuk mencapai sejumlah sasaran. Mulai dari nilai & tanggung jawab korporasi, kapabilitas manajerial, hingga sistem administrasi yang berkaitan dengan pengambilan keputusan strategis dan operasional di berbagai tingkat hierarki.

Lantas, apa saja proses yang ada dalam manajemen strategis ini? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Baca Juga: Pahami 6 Tujuan Manajemen Proyek Ini!

Tahap Perumusan Strategi

Tahap awal pada manajemen strategis ini ialah perumusan strategi. Perumusan strategi ini mencakup mengembangkan visi dan misi, mengidentifikasi peluang eksternal organisasi dan ancaman, menentukan kekuatan dan kelemahan internal, menetapkan tujuan jangka panjang, menghasilkan strategi alternatif, dan memilih strategi tertentu untuk mencapai tujuan.

Tahap Implementasi

Tahap kedua adalah implementasi. Pada tahap ini perusahaan harus menentukan sasaran tujuan, mengelola kebijakan dan semua sumber daya, serta memotivasi pegawai.

Membangun kultur yang mendukung strategi dan menciptakan struktur organisasi yang efektif pun termasuk ke dalam tahap implementasi.

Baca Juga: 10 Jenis Manajemen yang Perlu Dipahami!

Tahap Evaluasi

Tahap ketiga adalah tahap evaluasi. Terdapat tiga kegiatan utama pada tahap evaluasi yaitu menganalisis semua faktor internal dan eksternal, mengukur kinerja, serta menentukan tindakan perbaikan.

Tahap evaluasi diperlukan untuk mencermati sukses tidaknya strategi yang diterapkan. Evaluasi sangat diperlukan agar strategi perusahaan bisa beradaptasi dengan baik pada setiap perubahan internal dan eksternal.

Nah, itu tadi 3 Proses Manajemen Strategis yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Manfaat Memiliki Manajemen Strategis!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar