Begini Cara Menjadi Musisi Sesungguhnya!
Siker.id | 01 Sep 2022 15:20


Bagikan ke
Cara menjadi musisi yang sesungguhnya (siker)

siker.id – Apakah kamu tertarik menjadi seorang musisi? Apakah kamu juga memiliki hobi bermain drum, gitar, saxophone atau menyanyi? Atau mungkin kamu adalah seorang yang benar-benar gandrung musik cadas metal atau rock? Wah, kalau begitu selamat! Kamu sudah selangkah lebih maju dengan membaca ulasan ini!

Ngomong-ngomong soal musik, untuk menjadi seorang musisi hebat ternyata diperlukan effort yang lebih, lho. Kalau kamu bisa memainkan gitar itu belum berarti kamu bisa menjadi seorang musisi hebat karena orang awam pun mungkin juga bisa. Namun, bila kamu sungguh-sungguh ingin menjadi seorang musisi kamu harus mempelajari betul kunci, nada, kombinasi, hingga variasi-variasi bagaimana memainkan gitar agar menghasilkan lagu yang enak didengar dan menjual.

Nah, untuk itu, simak beberapa tips di bawah ini agar kamu bisa menjadi seorang musisi, ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Pekerjaan buat yang Hobi dengan Musik

Pilhlah Alat Musik yang Ingin Dimainkan

Tips pertama yang bisa kamu lakukan ialah memilih alat musik yang ingin kamu mainkan. Hal ini sangat penting ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang musisi.

Pilihlah alat musik yang gampang kamu dapatkan, minimal mudah untuk dipinjam dari teman atau saudara, ataupun ada toko alat musik yang dengan mudah kamu bisa datangi atau pesan.

Temukan Gaya Musik

Tips kedua yakni, menemukan gaya musik. Umumnya, kita ingin membuat lagu seperti musik yang biasa kamu dengar atau kamu sukai, tapi jangan puas dengan hanya jadi produser peniru.

Mengambil inspirasi dari idola kita sih boleh saja, tapi ingat bahwa bila kamu ingin terlihat menonjol atau berbeda, kamu perlu menemukan gaya musik kamu sendiri. Namun bukan berarti kamu harus menciptakan genre musik baru lagi, cobalah untuk membuat sesuatu yang kamu banget dan unik.

Berlatih dengan Keras dan Disiplin

Tips berikutnya yang wajib kamu lakukan adalah dengan berlatih dengan keras dan disiplin. Suatu keahlian didapatkan ketika seseorang berkorban untuk memperolehnya, dengan belajar dan latihan terus menerus. Buatlah sebuah jadwal latihan yang baik dan kontinyu, lengkap dengan target-target kemahiran.

Drummer senior band Blink-182 yakni, Travis Barker saja masih melakukan latihan keras dan terkadang berkolaborasi dengan musisi lain untuk menjaga kualitas permainan drum-nya.

Baca Juga: 3 Jenis Musik yang Bisa Bangkitkan Produktifitas Kerja

Pertimbangkan untuk Bergabung dengan Band yang Sudah Berdiri

Tips berikutnya ini juga hal yang patut kamu coba. Bermain dengan instrumentalis dan musisi lain bisa memberimu keterampilan yang perlu kamu tingkatkan, mempelajari trik spesifik mereka untuk pertukaran, dan juga memberimu kesempatan untuk menanggapi dengan bermain sebagai satu unit, membuat musik sebagai satu kelompok.

Berani Bermain di Depan Orang

Jika kamu merasa bahwa kamu sudah siap dan berkeinginan membawanya ke level selanjutnya, ini waktu yang tepat untuk membawa pertunjukanmu ke depan umum. Mulai dengan memainkan materi terbaikmu di depan beberapa teman dekat atau orang tuamu, dan mulai bermain untuk orang lain.

Aktif di Media Sosial

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan aktif di media sosial. Kini, media sosial dapat menjadi wadah bagi para musisi untuk memperlihatkkan karya musiknya.

Berbagai artis dan musisi juga menggunakan media sosial seperti, Instagram dan YouTube untuk merilis album atau single terbaru mereka. Jadi, jangan ragu untuk mencoba meng-upload karyamu di platform tersebut.

Nah, itu tadi Cara Menjadi Musisi Sesungguhnya yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar