4 Manfaat Manajemen Rantai Pasokan
Siker.id | 01 Sep 2022 13:03


Bagikan ke
Manfaat Manajemen Rantai Pasokan (siker)

siker.id – Perusahaan bisnis memiliki berbagai aktivitas seperti penjualan, pembelian, pengiriman hingga penyimpanan dan persediaan barang. Maka dari itu, diperlukan adanya sistem yang mengatur dan mengelola keseluruhan kegiatan tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah dengan menerapkan manajemen rantai pasokan. Apa itu manajemen rantai pasokan?

Menurut Heizer & Render (2015:4), manajemen rantai pasokan atau supply chain management (SCM) adalah pengintegrasian aktivitas pengadaan bahan dan pelayanan, pengubahan menjadi barang setengah jadi dan produk jadi, serta pengiriman ke pelanggan.

Lalu apa saja manfaat adanya manajemen rantai pasokan ini? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Pahami 6 Tujuan Manajemen Proyek Ini!

Efisiensi Biaya

Manfaat pertama dari penerapan manajemen rantai pasokan ini adalah dapat menurunkan biaya sehingga menjadi lebih efisien. Integrasi dan kerja sama antar divisi membuat biaya juga jauh lebih efisien.

Tim akan memastikan bahwa biaya produksi dari awal sampai akhir benar-benar sudah sesuai dengan rancangan. Banyak perusahaan yang justru mengalami kesulitan untuk mengatur biaya yang dikeluarkan sehingga keuntungan jadi minim.

Menjaga Kepuasan Pelanggan

Manfaat selanjutnya ialah menjaga kepuasan dari pelanggan. Menjaga dan meningkatkan kepuasan dari customer merupakan kunci dalam meningkatkan SCM itu sendiri. Dengan adanya manajemen yang baik, maka dapat meningkatkan kemungkinan untuk pelanggan dapat kembali memesan produk yang perusahaan tawarkan.

Baca Juga: 10 Jenis Manajemen yang Perlu Dipahami!

Meningkatkan Keuntungan

Manfaat ketiga adalah perusahaan memperoleh peluang untuk meningkatkan keuntungan. Salah satu alasan mengapa keuntungan bisa bertambah adalah karena proses produksi dapat berjalan sesuai rencana.

Produk bisa terjual habis dengan manajemen yang tepat. Maka, jangan sampai produksi barang perusahaan hanya tertumpuk saja tanpa terjual habis.

Menjadi Mediasi Pasar

Manfaat berikutnya dari adanya manajemen rantai pasokan ini adalah mampu menjadi mediasi pasar. Maksudnya, mekanisme rantai pasokan yang diterapkan dengan baik dapat memastikan semua barang yang dipasok telah sesuai dengan aspirasi pelanggan atau konsumen akhir.

Nah, itu tadi 4 Manfaat Manajemen Rantai Pasokan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Proses SCM Perusahaan untuk Kamu Ketahui!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar