5 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Manajer Produk!
Siker.id | 31 Aug 2022 16:13


Bagikan ke
Keterampilan yang wajib dimiliki manajer produk (siker)

siker.id – Untuk menghasilkan produk yang berkualitas, tentu perusahaan membutuhkan tim yang mampu menciptkan produk dengan kualitas tinggi. Maka dari itu, perusahaan perlu memiliki seorang manajer produk yang mampu mengelola agar bagaimana produk yang dirilis di pasar laku keras. Pekerjaan sebagai seorang manajer produk tidaklah mudah, diperlukan beberapa keterampilan yang harus dikuasai.

Lalu, apa saja keterampilan yang harus dimiliki seorang manajer produk? Berikut penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Apa itu Pekerjaan Manajer Produksi? Begini penjelasannya!

Keterampilan Teknis

Keterampilan pertama adalah keterampilan teknis. Berkembanganya teknologi dalam dunia bisnis, membuat PM (Product Manager) harus memiliki keahlian yang bersifat teknis. Sebagai contoh, bekerja di e-commerce membutuhkan pemahaman teknologi pembayaran untuk membuat keputusan yang baik.

Kemampuan Analisis

Keterampilan kedua yakni, kemampuan untuk menganalisis sesuatu. Penting bagi seorang manajer produk untuk memahami langkah-langkah membuat fitur yang bisa diukur untuk mengevaluasi efektivitas produk. Untuk memahami hal ini, kamu bisa mempelajari cara Google memastikan ukuran setiap target mereka menggunakan objective & key results.

Kecerdasan Emosional (EQ)

Keterampilan ketiga ialah kecerdasan emosional. Seorang PM dengan EQ tinggi memiliki hubungan yang kuat di dalam perusahaan dan dapat menghasilkan produk yang hebat. Apabila kamu berkeinginan menjadi seorang PM, kecerdasan emosional sangat membantu untuk mengelola tim dan behubungan dengan para pemangku kepentingan.

Baca Juga: Pahami Pekerjaan Manajer Database Ini!

Kemampuan Pemasaran

Keterampilan selanjutnya yang harus dikuasai manajer produk ialah kemampuan dalam hal pemasaran. Kemampuan pemasaran ini meliputi pengembangan produk komersil yang mana seorang manajer produk harus dapat mengembangkan cara untuk membuat produk mereka dapat dipasarkan sebaik mungkin kepada konsumen.

Kemampuan Problem-Solving

Keterampilan yang tak kalah pentingnya adalah kemampuan memecahkan masalah. Umunya, produk diciptakan untuk dapat menyelesaikan sebuah masalah, baik untuk bisnis maupun untuk klien. Seorang manajer produk yang baik adalah yang mampu menciptakan sebuah produk dan mampu menyelesaikan masalah yang fundamental.

Nah, itu tadi 5 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Manajer Produk yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Tips Sukses Menjadi Manajer Operasional!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar