4 Penyebab Kegagalan Bisnis
Siker.id | 29 Aug 2022 15:03


Bagikan ke
Penyebab kegagalan bisnis (siker)

siker.id – Menjadi seorang businessman atau wirausahawan tentu tidak mudah. Pasalnya, bila bisnis tidak berjalan dengan baik, bisa-bisa usaha menemui kegagalan. Sebagai seorang wirausahawan, kamu tentu harus memiliki jiwa pantang menyerah untuk menghadapi hal tersebut. Selain itu, kamu juga harus konsisten menjalankan bisnismu itu, sebab terkadang jika mengalami satu kegagalan biasanya orang yang tidak konsisten akan membiarkan dan beralih ke hal lain.

Dengan memiliki sifat pantang menyerah dan konsisten, tentu akan membantu dalam menghadapi kondisi bisnis yang tidak menentu. Untuk menghindari kegagalan bisnismu itu, kamu juga perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab bisnis mengalami kegagalan.

Lalu, apa saja penyebab kegagalan bisnis yang biasa dialami para pengusaha? Simak di bawah ini, ya!

Baca Juga: 3 Tips Menerima Kenyataan Gagal dalam Pekerjaan

Gampang Menyerah

Penyebab pertama mungkin bisa datang dari dirimu sendiri yakni, mudah menyerah. Setelah kamu mencoba untuk memulai hal-hal baru untuk mengembangkan bisnis, jangan cepat menyerah ketika kegagalan datang. Menyerah dengan mudah akan membuatmu semakin dekat dengan kegagalan.

Intinya, cobalah untuk terus berusaha dan bersemangat untuk mewujudkan sesuatu hal yang ingin dicapai oleh bisnismu.

Kurangnya Riset Pasar

Penyebab kedua adalah kurang mampu dalam melakukan riset pasar. Riset atau penelitian sangat penting dilakukan ketika kamu ingin membangun usaha, salah satu alasan yang paling umum dari kegagalan usaha yaitu karena kamu tidak mengetahui kebutuhan pasar untuk produk maupun layanan.

Baca Juga: 3 Prinsip Etika Bisnis Untuk Jadi Pengusaha Sukses

Kurangnya Perencanaan Matang

Penyebab ketiga adalah kurangnya perencanaan yang matang. Dalam menjalankan bisnis, perencanaan adalah hal penting yang harus dilakukan pertama kali. Rencana bisnis tidak perlu sempurna, namun harus tepat dan dipikirkan secara matang. Dengan melakukan perencanaan, kamu dapat menentukan bagaimana bisnismu ke depannya.

Takut dalam Mengambil Risiko

Penyebab terakhir ialah takut dalam mengambil risiko. Setiap aktivitas selalu terdapat dua sisi yang berkaitan yakni keuntungan maupun risiko. Sebagai pebisnis, yang perlu dilakukan adalah mengoptimalkan keuntungan dengan meminimalkan risiko.

Pebisnis harus mampu mengambil risiko dan keluar dari zona nyaman. Terlalu lama berdiam diri dan takut mencoba hal baru itu menunjukkan bahwa kamu belum siap menjadi pebisnis.

Nah, itu tadi 4 Penyebab Kegagalan Bisnis yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami 4 Fungsi Google Analytics untuk Bisnis!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar