Pahami 4 Manfaat Manajemen Talenta Ini!
Siker.id | 26 Aug 2022 13:07


Bagikan ke
Manfaat manajemen talenta (siker)

siker.id – Pernahkah kalian mendengar istilah manajemen talenta? Manajemen talenta ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk mengelola dan mengembangkan para karyawannya. Lalu apa pengertian dari manajemen talenta itu sendiri?

Menurut Sweem (2009), manajemen talenta merupakan suatu istilah untuk mengelola talenta berdasarkan kinerja dan sebagai sesuatu yang dapat dibedakan yang muncul baik dari persepsi humanistik dan demografis.

Sementara, menurut Davis (2009), manajemen talenta adalah pendekatan korporat yang terencana dan terstruktur untuk merekrut, mempertahankan dan mengembangkan orang-orang bertalenta dalam organisasi.

Dengan memiliki sistem manajemen talenta ini, perusahaan dapat memperoleh keuntungan maupun manfaat untuk perusahaan itu sendiri. Apa saja kah manfaat dari manajemen talenta itu sendiri? Simak di bawah ini!

Baca Juga: 4 Prinsip Manajemen Wajib Diterapkan Dalam Bisnis

Perekrutan yang Lebih Baik

Manfaat pertama dari manajemen talenta ini adalah perusahaan mendapatkan perekrutan yang lebih baik. Kualitas perusahaan ditentukan dari kinerja pegawainya. Untuk itu, perusahaan memerlukan adanya proses rekrutmen untuk menemukan talenta yang memiliki skill terbaik dan mampu untuk membantu perusahaan memperoleh keberhasilannya.

Penempatan Karyawan

Melalui manajemen talenta ini, perusahaan bisa memutuskan kompetensi pegawai yang memiliki bakat tertentu. Dengan begitu, manajemen akan melakukan pencatatan keterampilan yang perusahaan inginkan. Jadi, ketika ada seorang talent yang masuk ia bisa mendapatkan posisi yang tepat sesuai dengan keahliannya.

Baca Juga: 4 Manfaat Manajemen Karir di Perusahaan!

Kesempatan Mempertahankan Karyawan

Manfaat berikutnya adalah memperoleh kesempatan dalam mempertahankan karyawan yang berkualitas. Pegawai yang memiliki kemampuan sangat baik merupakan aset berharga bagi perusahaan karena mampu untuk membantu keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan.

Jadi, perusahaan akan berusaha dalam menjaga pegawai yang memiliki keterampilan terbaik untuk tetap bekerja di perusahaan tersebut.

Perusahaan Lebih Maju

Dengan adanya manajemen talenta ini, akan mampu membantu perusahaan dalam melakukan kegiatan penilaian pada karyawan yang bekerja pada perusahaan. Tentunya, perusahaan akan mampu memahami dengan baik pada kebutuhan pengembangan diri karyawan, aspirasi karir, kelebihan dan juga kekurangannya.

Selain itu, perusahaan juga bisa mengetahui dengan pasti kepuasan performa karyawannya. Imbasnya, kualitas SDM dari perusahaan akan lebih baik dan berdampak pada kemajuan perusahaan.

Nah, itu tadi 4 Manfaat Manajemen Talenta yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 6 Tahapan dalam Manajemen Talenta


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar