5 Alasan Integritas Penting untuk Perusahaan
Siker.id | 25 Aug 2022 16:59


Bagikan ke
Alasan Integritas Penting untuk Perusahaan (siker)

siker.id – Perusahaan yang maju dan berkualitas dapat dilihat dari sumber daya manusianya. Mengapa demikian? Karena dengan itu, perusahaan dapat menjalankan operasional dan arah perusahaan ke depan. Salah satu acuan keberhasilan perusahaan dalam mengelola karyawannya adalah dengan mempunyai pekerja yang berintegritas. Apa itu integritas?

Menurut Henry Cloud, integritas adalah seseorang yang terintegrasi penuh dalam setiap bagian dari dirinya, bekerja dengan baik, dan tidak dapat dipisahkan dari menjalankan fungsi sesuai dengan apa yang telah dirancang sebelumnya. integritas terkait erat dengan keutuhan dan efektivitas seseorang sebagai pribadi.

Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), istilah integritas adalah kesatuan utuh kualitas, sifat, dan kondisi dengan potensi dan kemampuan untuk memancarkan wibawa dan integritas.

Lalu mengapa integritas begitu penting bagi keberlangsungan perusahaan? Berikut alasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Sikap Integritas dalam Bekerja

Menghasilkan Budaya Perusahaan yang Baik

Alasan pertama pentingnya integritas adalah karena sikap ini mampu menciptakan budaya kerja yang lebih baik. Pemimpin berintegritas akan memberikan contoh kepada bawahannya. Membuat banyak karyawan menyukai sosok pemimpin seperti ini.

Selain itu, sikap ini juga akan membentuk kepercayaan satu sama lain antar karyawan, sehingga lebih mudah bagi karyawan melakukan kolaborasi tim dan mengurangi perselisihan.

Menciptakan Reputasi Baik

Alasan kedua adalah integritas mampu menciptakan reputasi perusahaan yang baik. Bagi pemimpin perusahaan, mengoperasikan bisnis dengan integritas akan memberi reputasi positif di industri dan di komunitas bisnis lokal. Hal ini tentu sangat penting jika bisnis tersebut merupakan bisnis jangka panjang atau berulang.

Nilai dari bentuk integritas juga sangat penting bagi usaha yang bekerja dengan informasi pelanggan yang rahasia atau sensitif, atau yang bertugas mengawasi urusan keuangan atau pribadi pelanggan mereka.

Memiliki Pelanggan Setia

Alasan ketiga adalah dapat memiliki pelanggan setia. Saat pelanggan mempercayai perusahaanmu, maka bisnismu akan berlangsung jangka panjang. Tidak seorang pun ingin secara sadar melakukan bisnis dengan perusahaan yang memiliki reputasi buruk, terjebak dalam kebohongan, atau terlibat dengan skandal atau tindakan korupsi lainnya.

Keuntungan menjalankan bisnis dengan integritas adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada, dan juga memiliki potensi periklanan dari mulut ke mulut yang akan membawa lebih banyak pelanggan.

Baca Juga: 4 Ciri Ini Menunjukkan Tim Yang Solid

Menciptakan Suasana Kondusif

Saat pelaku bisnis mampu menjunjung integritas yang tinggi bukan hanya berdampak pada hasil dan reputasi yang bagus. Akan tetapi juga berdampak pada kondisi atau suasana bisnis yang lebih kondusif sehingga memberikan rasa nyaman bagi semua pihak yang terlibat.

Dimana hal tersebut pun juga akan berdampak untuk mendorong seseorang yang ada didalam bisnis tersebut untuk berfikir tentang ide-ide yang dapat dilakukan dan menghasilkan tindakan-tindakan yang tepat. Mengingat pada dasarnya sesuatu keberhasilan itu tergantung pada diri sendiri, dan bagaimana cara mengelola segala urusannya.

Memiliki Potensi Penghasilan Meningkat

Salah satu dampak perusahaan yang menerapkan integritas adalah potensi peningkatan pendapatan. Bisnis yang terlibat dalam kontroversi sering kali kehilangan klien besar, dan kesulitan menarik pelanggan maupun karyawan.

Sebaliknya perusahaan yang jujur dan terus terang memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan rasa hormat di industri mereka dan meraih pangsa pasar yang lebih besar dari rata-rata. Perusahaan dengan reputasi bintang juga mungkin lebih mudah mendapatkan pembiayaan bisnis dan menarik investor.

Nah, itu tadi 5 Alasan Integritas Penting untuk Perusahaan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Inilah Indikator Untuk Penilaian Kerja Karyawan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar