Pahami 8 Elemen Pokok Total Quality Management!
Siker.id | 25 Aug 2022 14:10


Bagikan ke
Elemen Pokok Total Quality Management (siker)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id – Apabila kamu merupakan mahasiswa dari jurusan manajemen, pastinya kamu mengetahui apa itu TQM, bukan? Bagi kalian yang belum tahu apa itu TQM, dilansir dari harmony.co.id, TQM atau Total Quality Management merupakan sebuah sistem manajemen kualitas yang berfokus pada pelanggan dengan melibatkan semua level karyawan guna melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan. Selain itu, TQM juga dapat diartikan sebagai strategi manajemen yang bertujuan menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi.

Di dalam TQM tersebut terdapat elemen utamanya, apa saja itu? Simak di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Manfaat Manajemen Karir di Perusahaan!

Fokus pada Pelanggan

Prinsip yang perlu kamu garis bawahi dari TQM adalah konsumen sepenuhnya akan menentukan kualitas dari suatu produk. Walaupun suatu perusahaan melakukan berbagai macam cara untuk meningkatkan kualitas, seperti training karyawan, menambah kualitas dalam proses perancangan, memperbarui teknologi, atau menggunakan peralatan canggih.

Keterlibatan Karyawan secara Keseluruhan

Elemen atau karakteristik TQM yang kedua adalah karyawan. Dalam konsep TQM semua karyawan harus dilibatkan agar menghasilkan layanan dan produk yang terbaik. Perusahaan diharapkan memberikan pelatihan kepada karyawannya agar mereka lebih terampil dalam menjalankan tugasnya.

Pemusatan Perhatian pada Proses

Bagian dasar dalam TQM adalah fokus atau memusatkan perhatian dalam proses. Proses merupakan serangkaian proses yang mengambil input dari supplier (internal atau eksternal) dan mengubahnya menjadi output yang dikirimkan kepada konsumen (internal atau eksternal).

Langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu proses sudah ditentukan dan ukuran performa akan terus dipantau untuk mendeteksi hal yang tidak terduga.

Sistem yang Terintegrasi

Elemen ke empat adalah sistem integrasi. Perusahaan harus mempunyai sistem yang terintegrasi dengan baik untuk mencapai visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan. Hal ini juga merupakan salah satu elemen pokok dalam konsep TQM. Penggunaan sistem informasi manajemen mungkin dibutuhkan dalam proses integrasi yang dilakukan.

Baca Juga: 4 Prinsip Manajemen Wajib Diterapkan Dalam Bisnis

Pendekatan Strategis & Sistematis

Bagian penting dari pengelolaan mutu adalah pendekatan strategis dan sistematis untuk mencapai visi, misi, dan tujuan organisasi. Proses yang disebut strategic planning atau strategic management ini mencakup perumusan rencana strategis yang mengintegrasikan mutu sebagai komponen inti.

Perbaikan Berkelanjutan

Dorongan utama TQM adalah perbaikan proses secara terus-menerus yang dapat membuat sebuah organisasi menjadi analitistis dan kreatif dalam menemukan cara untuk menjadi lebih kompetitif dan lebih efektif dalam memenuhi harapan stakeholder.

Keputusan Berdasar pada Fakta

Untuk dapat mengetahui seberapa baik performa dari suatu perusahaan, diperlukan data mengenai hasil pengukuran kinerja.

TQM mengharuskan perusahaan untuk terus mengumpulkan dan menganalisis data, sehingga dapat meningkatkan akurasi pada saat proses pengambilan keputusan, mencapai konsensus, dan membuat prediksi berdasarkan kejadian sebelumnya.

Komunikasi

Elemen yang terakhir yaitu komunikasi. Perubahan yang terjadi dalam perusahaan yang mencakup perubahan strategi, kebijkanan, jadwal dan lain sebagainya harus dikomunikasikan dengan baik kepada semua karyawan.

Komunikasi yang efektif juga bisa memberikan motivasi dan semangat kerja dalam mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.

Nah, itu tadi 8 Elemen Pokok Total Quality Management yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Alasan Penting Melakukan Manajemen Waktu


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian