icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
6 Tahapan dalam Manajemen Talenta
Siker.id | 25 Aug 2022 13:05


Bagikan ke
Tahapan dalam manajemen talenta (siker)

siker.id – Perusahaan-perusahaan tentu membutuhkan sumber daya manusia unggul yang mampu menunjang produktivitas perusahaan. Pemilihan dan pengembangan karyawan merupakan faktor penting dalam keberhasilan perusahaan melakukan aktivitas bisnisnya. Kedua hal tersebut dapat digolongkan ke dalam proses manajemen talenta.

Apa itu manajemen talenta? Menurut Pella dan Inayati (2011), manajemen talenta adalah serangkaian proses SDM organisasi terpadu yang dirancang untuk mengembangkan, memotivasi dan mempertahankan produktif, terhadap karyawan yang terlibat. Sementara, menurut Canon dan Mcgee (2007), manajemen talenta adalah proses dimana organisasi mengidentifikasi, mengelola dan mengembangkan orang-orangnya sekarang dan untuk masa depan.

Pada intinya, manajemen talenta merupakan tata cara bagaimana mengelola sumber daya manusia dengan segala prosesnya untuk menciptakan tenaga kerja perusahaan yang berkelanjutan.

Lalu apa saja tahapan dalam manajemen talenta ini? Simak di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: Mengapa Perusahaan Perlu Pelatihan SDM buat Karyawannya?

Perencanaan

Perencanaan merupakan tahap awal dalam proses manajemen talenta ini. Perencanaan dapat dimulai dari mengidentifikasi sumber daya manusia seperti apa yang dibutuhkan perusahaan untuk mencapai tujuannya. Proses ini terdiri dari merumuskan deskripsi pekerjaan dan mengembangkan rencana untuk proses rekrutmen.

Menarik Perhatian Talent

Tahapan kedua dari manajemen talenta ini adalah menentukan posisi yang membutuhkan SDM harus berasal dari internal atau eksternal perusahaan. Jika memang membutuhkan SDM dari luar perusahaan, maka nantinya mereka akan membuat pengumuman melalui portal kerja, dan media sosial.

Seleksi

Tahapan ketiga adalah melakukan seleksi talenta. Hal ini biasanya melibatkan penggunaan serangkaian tes dan pemeriksaan seperti reference check dan background check untuk menemukan kecocokan antara kandidat, perusahaan, dan pekerjaannya.

Tes tertulis, wawancara, FGD, dan tes psikometri beserta dengan analisis mendalam dari semua informasi yang tersedia tentang kandidat dari berbagai platform terbuka membantu perusahaan dalam memberikan penilaian menyeluruh tentang kandidat.

Baca Juga: 7 Manfaat Psikotes Untuk SDM Perusahaan

Mengembangkan Pegawai

Pada tahapan ini, pegawai akan didorong untuk mampu mengembangkan kemampuannya agar bisa berkontribusi lebih baik kepada perusahaan. Selain itu, proses ini turut membantu pegawai dalam membentuk loyalitas mereka dan meningkatkan keterlibatan pegawai terhadap seluruh rangkaian proses bisnis di perusahaan tersebut.

Mengembangkan Talent yang Sudah Ada

Tahapan yang tak kalah penting ialah mengembangkan talenta yang sudah ada. Mengapa? Agar perusahaan benar-benar bisa mencapai kesuksesannya secara berkelanjutan, karyawan berbakat perlu dipertahankan secara efektif.

Sebagian besar perusahaan dalam manajemen talenta mencoba untuk mempertahankan karyawan terbaik mereka melalui promosi jabatan, mendorong keterlibatan dalam proyek khusus dan pengambilan keputusan, pelatihan untuk peran yang lebih berkembang, dan mengadakan rewards and recognition programs.

Transisi

Tahapan terakhir adalah transisi. Manajemen talenta akan efektif ketika mereka berfokus pada perubahan kolektif dan perusahaan berevolusi melalui perkembangan pegawai secara individu. Dengan begitu, pegawai akan merasa bahwa mereka merupakan bagian yang penting dalam organisasi tersebut.

Nah, itu tadi 6 Tahapan dalam Manajemen Talenta yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 8 Prinsip Manajemen Mutu untuk Kamu Ketahui!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar