5 Keterampilan Manajerial yang Perlu Kamu Kuasai!
Siker.id | 24 Aug 2022 14:00


Bagikan ke
Keterampilan manajerial (siker)

siker.id – Apabila kamu memiliki sebuah usaha atau kamu akan bekerja sebagai seorang manajer, kamu pastinya akan dihadapkan pada kondisi dimana kamu harus mengelola, mengatur dan mengoordinasikan bisnis atau perusahaanmu itu. Nah, hal tersebut sering disebut dengan keterampilan manajerial. Apa itu?

Dikutip dari accurate.id, keterampilan manajerial merupakan keterampilan yang diperlukan untuk mengatur, mengoordinasikan, dan menggerakan para rekannya ke arah target yang sebelumnya telah ditentukan oleh organisasi atau perusahaan. Kemampuan ini tidak serta merta bisa muncul begitu saja. Kemampuan ini bisa muncul dari suatu proses yang panjang yang terjadi perlahan-lahan mengikuti proses pengamatan dan analisa.

Untuk itu, sebagai seorang pemimpin perlu memiliki beberapa keterampilan manajerial di bawah ini untuk mendorong kemampuanmu mengelola bisnis atau perusahaanmu, ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Tips Mengasah Keterampilan Intrapersonal Skill

Kemampuan dalam Mengelola Sumber Daya Manusia

Sebagai seorang pemimpin, tugasmu pasti akan berkaitan dengan mengarahkan dan mengontrol agar orang-orang yang ada di dalam perusahaan tersebut bertindak mencapai sebuah tujuan perusahaan. Untuk mensosialisasikan visi dan misi hingga program perusahaan dibutuhkan keahlian untuk berkomunikasi dengan berbagai orang yang terlibat dalam perusahaan.

Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menginspirasi dan memberikan dorongan positif pada tim atau bawahannya. Selain itu, seorang pemimpin juga harus bersedia untuk terlibat dan bertanggung jawab dalam pemecahan masalah serta berani mengambil risiko.

Baca Juga: 3 Keterampilan Komunikasi yang Tepat untuk Pemimpin

Komunikatif

Keterampilan sebagai seorang manajer atau pemimpin yang wajib dimilikki adalah komunikasi. Komunikasi sendiri merupakan kemampuan seseorang untuk menggunakan bahasa yang secara sosial dapat diterima dan memadai.

Seorang pimpinan yang mampu berkomunikasi dengan baik, kepada staf maupun rekan kerjanya, akan memiliki kemungkinan besar untuk dapat memberi arahan yang baik dan melakukan negosiasi secara efektif.

Kecerdasan Emosi

Seorang pemimpin tentunya akan menghadapi beragam sifat manusia lainnya, baik sebagai rekan maupun konsumen pada bisnisnya. Sehingga, sebagai seorang pemimpin yang baik, harusnya mempunyai manajemen emosi yang baik pula dan bisa selalu berkepala dingin ketika menghadapi berbagai karakter manusia yang unik, sehingga reputasi bisnis bisa terus terjaga.

Keterampilan Berinovasi

Kemampuan untuk berinovasi sangatlah penting. Suatu inovasi akan menegaskan pada para klien dan konsumen bahwa bisnismu tidak berjalan stagnan maupun pasif.

Dengan mempunyai daya kreativitas yang tinggi dalam mengolah inovasi pada produk atau jasa, maka seorang pemimpin bisnis akan membuat produk atau jasanya menjadi terlihat lebih unik dan kompetitif.

Nah, itu tadi 5 keterampilan manajerial yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Beberapa Keterampilan Komunikasi agar Berpengaruh di Kantor


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian