Pahami Jenis Akuntansi Ini!
Siker.id | 23 Aug 2022 16:50


Bagikan ke
Jenis akuntansi (siker)

siker.id – Aktivitas bisnis tentu memerlukan bagian penghitungan dan laporan keuangan. Untuk itu, akuntansi diperlukan oleh setiap perusahaan atau pengusaha yang menjalankan bisnisnya. Lalu apa itu akuntansi?

Menurut Sunyanto (1999), akuntansi adalah suatu tahapan proses pengumpulan, pengidentifikasian, mencatat, penggolongan, peringkasan serta penyajian atau laporan dari banyaknya transaksi keuangan serta penafsiran hasilnya guna pengambilan keputusan.

Akuntansi sendiri memiliki berbagai jenis yang biasanya diterapkan oleh para akuntan. Apa saja jenis-jenisnya? Simak di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: Siklus Akuntansi pada Perusahaan Jasa

Akuntansi Biaya

Jenis pertama adalah akuntansi biaya. Akuntansi biaya adalah akuntansi yang dapat digunakan untuk mengelola berbagai hal terkait biaya perusahan. Dengan adanya akuntansi ini, sebuah perusahaan dapat mengendalikan dan merencanakan biaya operasionalnya.

Akuntansi Keuangan

Pada bidang ini tentu berkaitan dengan akuntansi suatu unit ekonomi secara menyeluruh. Akuntansi keuangan mengacu kepada pelaporan keuangan untuk pihak-pihak di luar perusahaan. Laporan yang berhasil akan bersifat serba guna (general purpose).

Kegiatannya terdiri dari pencatatan kegiatan finansial, bertujuan untuk dapat menyajikan laporan keuangan. Meliputi neraca, laporan laba rugi serta laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan selama jangka waktu tertentu.

Akuntansi Manajemen

Jenis akuntansi selanjutnya adalah akuntansi manajemen atau management accounting. Berbeda dengan konsentrasi akuntansi keuangan yang mengarah pada kegiatan finansial dan laporannya. Pada konsentrasi ini fokusnya kepada kegiatan manajemen.

Baca Juga: Lulusan Akuntansi Kerja di Bagian Apa?

Akuntansi Anggaran

Akuntansi anggaran atau bisa disebut dengan budgetary accounting adalah akuntansi yang berfokus pada penyusunan anggaran pendapatan dan juga biaya-biaya dasar. Sesuai dengan namanya, tugasnya adalah menyusun anggaran pemasukan dan pengeluaran.

Akuntansi Perbankan

Akuntansi perbankan merupakan jenis akuntansi yang menggunakan akun khusus yang hanya digunakan oleh pihak perbankan. Meski agak berbeda dengan akuntansi keuangan, namun dalam akuntansi ini juga menyajikan laporan untuk pihak internal dan eksternal seperti yang ada pada akuntansi keuangan. Bedanya, pihak internal maupun eksternal yang dimaksud di sini adalah yang berhubungan dengan perbankan.

Akuntansi Perpajakan

Akuntansi perpajakan adalah akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan arah penentuan objek pajak yang menjadi beban perusahaan serta perhitungannya mengacu kepentingan penyusunan laporan pajak.

Sistem Akuntansi

Jenis akuntansi terakhir adalah sistem akuntansi. Sistem akuntansi sendiri adalah bidang akuntansi yang menjalankan kegiatan dengan mengatur cara pencatatan akuntansi agar efektif dan efisien. Dimulai dari mengatur dokumen hingga menyusun prosedur pencatatannya.

Nah, itu tadi jenis-jenis akuntansi yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Kamu Perlu Tahu 4 Fungsi Akuntansi Manajemen Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar