Pelajari 5 Skill Seorang Business Development Ini!
Siker.id | 23 Aug 2022 14:20


Bagikan ke
Skill seorang business development (siker)

siker.id – Apabila suatu perusahaan bisnis telah maju, melakukan ekspansi dan memiliki cabang dimana-mana, berarti perusahaan tersebut memiliki pengembangan bisnis yang baik. Salah satu divisi perusahaan yang berkaitan dengan pengembangan bisnis adalah divisi business development. Apa itu business development?

Menurut Top Karir, business development adalah proses pembentukan nilai perusahaan dalam jangka panjang yang menghubungkan pelanggan, pasar, dan relasi. BD berperan menciptakan peluang bagi perusahaan untuk terus berkembang melalui optimasi tiga faktor: pelanggan, pasar dan relasi.

Nah, bila kamu tertarik untuk bekerja di bidang ini, kamu harus memiliki beberapa keterampilan di bawah ini. Apa saja? Simak, ya, sobat siker!

Baca Juga: Apa Pengertian dan Tugas Business Development?

Keterampilan Analisis Data

Keterampilan pertama yang harus dipunyai seorang business developer adalah kemampuan untuk menganalisis dan riset pola bisnis. Ini dapat dilakukan dengan melihat data pertumbuhan penjualan per bulan, data investor, data klien, sampai juga data dari kompetitor.

Dari analisis data tersebut, kamu harus bisa mempresentasikannya kepada petinggi perusahaan guna menjadi tolak ukur bagaimana perkembangan bisnis yang harus dilakukan.

Berwawasan Luas

Seorang business developer juga harus memiliki wawasan yang luas. Kamu harus menganalisis tren dan membuat strategi pengembangan bisnis. Kamu juga dituntut mampu melihat posisi kompetitor dan strategi apa yang dibutuhkan untuk membuat perusahaan kamu lebih unggul.

Negosiasi

Sebagai seorang BD, kamu nantinya akan dihadapkan untuk bernegosiasi dengan klien yang sudah ada atau calon klien yang berpotensi untuk kerja sama dengan perusahaan. Untuk itu, kamu harus terus mengasah skill dalam bernegosiasi agar semua proyek berhasil tercapai.

Baca Juga: Kenali Business Partner Dan 3 Perannya

Komunikasi

Keterampilan komunikasi ini juga penting, lho. Tidak hanya bekerja di balik layar, kamu pun harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Pasalnya, nantinya kamu akan berkomunikasi dengan calon pelanggan, klien, tim, dan juga presentasi di hadapan kolega atau klien.

Pemasaran

Tidak hanya dengan tim divisi sales, divisi business development ini nantinya juga akan banyak bekerja dengan divisi marketing untuk mempromosikan brand. Maka dari itu, kamu sebaiknya juga mempunyai skill dasar dalam bidang marketing. Jangan lupa pelajari ilmu pemasaran, ya!

Nah, itu tadi 5 Skill Seorang Business Development yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Packing Business Trip


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar