Pahami Pekerjaan Manajer Database Ini!
Siker.id | 22 Aug 2022 15:00


Bagikan ke
Pekerjaan manajer database (siker)

siker.id – Profesi atau pekerjaan kini berkembang semakin cepat. Dengan masuknya digitalisasi, pekerjaan yang sebelumnya tidak dibutuhkan saat ini diperlukan oleh berbagai perusahaan bisnis. Salah satunya adalah manajer database. Apa itu manajer database?

Dikutip dari Robert Half, manajer database adalah suatu profesi yang berhubungan dengan pengelolaan data yang dimiliki oleh perusahaan. Umumnya di banyak perusahaan profesi ini tidak hanya fokus pada pengelolaan data saja. Mereka juga harus mengelola tim profesional IT yang menangani tugas seperti mengonfigurasi sistem database atau pemrograman database.

Nah, selain hal tersebut, mereka juga punya pekerjaan lain, lho. Apa saja kah itu? Yuk, simak di bawah ini!

Baca Juga: 4 Tips Sukses Menjadi Manajer Operasional!

Mempersiapkan Rencana Pemulihan Data

Salah satu jobdesc dari profesi ini adalah bertanggung jawab untuk mempersiapkan rencana pemulihan data. Meskipun sudah mempersiapkan sistem dengan sangat baik, tapi tentu saja masih ada risiko mengalami suatu masalah. Untuk itu, pekerjaan seorang manajer database adalah memastikan bahwa data tetap dalam kondisi aman.

Mengembangkan Database

Tugas selanjutnya dari manajer database adalah mengembangkan database. Hal ini meliputi pemeliharaan terhadap sistem database seperti memeriksa aksesibilitas data juga harus selalu dilakukan dengan cermat.

Baca Juga: 4 Cara Mulus Menjadi Seorang Manajer HRD

Mengevaluasi Kebutuhan Perusahaan

Tugas ketiga adalah memastikan bahwa kebutuhan perusahaan terhadap informasi data yang dimiliki bisa terpenuhi dengan baik. Untuk itu, mereka harus sering bertemu dengan para pemangku kepentingan untuk mencari tahu kebutuhan dari basis data yang mereka inginkan.

Menginstal Perangkat Lunak untuk Menjaga Keamanan

Tanggung jawab selanjutnya dari seorang manajer database adalah melindungi data-data penting yang dimiliki oleh perusahaan. Oleh karena itu, mereka juga harus paham apa saja software yang bisa melindungi keamanan data. Jika data tidak memiliki sistem perlindungan, tentunya akan sangat mudah dibobol oleh peretas.

Nah, itu tadi Pekerjaan Manajer Database yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menjadi Seorang Manajer Pemasaran!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar