icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Manfaat Evaluasi Kinerja Karyawan
Siker.id | 22 Aug 2022 14:30


Bagikan ke
Manfaat evaluasi kinerja karyawan (siker)

siker.id – Sebagai atasan atau manajemen level atas, memiliki evaluasi kinerja dari para bawahan atau karyawan sangatlah penting. Hal itu menunjukkan keseriusan perusahaan dalam meingkatkan performa dan produktivitas perusahaan itu sendiri.

Dilansir dari legistra.id, evaluasi kinerja karyawan atau yang biasa disebut dengan performance appraisals adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mengevaluasi, mengidentifikasi, mengukur, dan mengembangkan performa karyawan. Performa karyawan yang dimaksud adalah efisiensi kerja, jumlah kehadiran, sikap, kualitas pekerjaan, antusiasme, dan sebagainya.

Nah, kira-kira apa saja manfaat melakukan evaluasi kinerja para karyawan? Yuk, simak di bawah ini ya!

Baca Juga: 3 Tanda Terjebak Di Zona Nyaman, Bikin Kinerja Turun!

Menjadi Bahan Evaluasi

Manfaat pertama dari adanya evaluasi kinerja karyawan ini adalah dapat menjadi bahan evaluasi. Evaluasi yang dimaksudkan disini berlaku baik dari sisi perusahaan maupun sisi karyawan.

Evaluasi ini nantinya akan sangat berguna untuk membangun perusahaan dan juga karyawan ke arah yang lebih baik. Selain itu, perusahaan juga dapat menggunakan hasil evaluasi tersebut untuk membuat goal selanjutnya yang ingin dicapai bersama-sama.

Tolok Ukur dalam Menentukan Kenaikan Jabatan

Manfaat selanjutnya adalah sebagai tolok ukur untuk menentukan kenaikan jabatan dari karyawan yang bersangkutan. Perusahaan dapat menilai kinerja karyawan dengan melakukan review sebelum akhirnya dapat diputuskan bahwa karyawan tersebut berhak untuk mendapatkan kenaikan jabatan.

Baca Juga: 3 Tips Memperbaiki Kinerja Karyawan Yang Buruk

Mendorong Motivasi Karyawan

Melakukan evaluasi kinerja dapat membuat perusahaan melihat seberapa besar bobot pekerjaan mereka dan berapa banyak bonus yang dapat diberikan oleh perusahaan. Dengan adanya sistem kerja yang demikian, karyawan akan merasa termotivasi untuk bekerja dengan lebih giat lagi untuk mendapatkan penilaian kinerja yang baik.

Sebagai Bahan dalam Perekrutan Karyawan Baru

Dengan adanya evaluasi kinerja ini, perusahaan terbantu dalam memantau keberhasilan praktik rekrutmen perusahaan. Analisis data penilaian kinerja dapat digunakan untuk melihat keterampilan atau kepribadian yang saat ini kekurangan dan akan dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan perusahaan. Dengan demikian tim rekrutmen dapat diarahkan pada pencarian orang yang dibutuhkan.

Meningkatkan Komunikasi antara Manajemen & Karyawan

Kesenjangan komunikasi antara manajemen dan karyawan acap kali terjadi, terutama apabila karyawan baru di perusahaan. Penilaian kinerja yang dilakukan secara periodik akan membantu memecah komunikasi yang lebih baik mengarah pada produktivitas yang lebih baik. Perusahaan yang menerapkan penilaian kinerja berkesinambungan akan menciptakan komunikasi yang baik antara manajer dan karyawan.

Nah, itu tadi 5 Manfaat Evaluasi Kinerja Karyawan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Kriteria Dalam Menentukan Kinerja Karyawan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar