Apa itu Data Scientist? Berikut penjelasannya!
Siker.id | 19 Aug 2022 17:30


Bagikan ke
Data scientist (siker)

siker.id – Pernahkah kalian mendengar istilah data scientist? Pekerjaan apakah itu? Berdasarkan World Economic Forum, data scientist termasuk 10 pekerjaan yang sangat dibutuhkan pada tahun 2022. Dilansir dari mastersindatascience.org, data scientist merupakan pekerjaan dalam bentuk penggabungan ilmu komputer (pemrograman), statistik, dan matematika yang bertujuan untuk mengumpulkan, menafsirkan, dan menganalisis kumpulan data besar yang terstruktur dan tidak terstruktur.

Maksudnya, data scientist adalah orang yang mengendalikan data. Jobdesc yang harus diemban tergolong besar mulai dari analisis sampai mendapatkan insight atau rekomendasi untuk pengembangan bisnis.

Selain itu, data scientist juga memiliki tugas untuk menganalisis berbagai macam data dalam jumlah besar (big data) yang terakumulasi di perusahaan. Pekerjaan ini mengandalkan kemampuan analisis data seperti menggabungkan data dari berbagai sumber dan memastikan konsistensi dataset (data preparation), memilih faktor atau algoritma yang mempengaruhi hasil prediksi (data exploration), serta membuat infografis untuk memudahkan para pengambil keputusan dalam memahami data (data visualisation).

Baca Juga: 4 Tips Memulai Karir sebagai Data Architect

Sementara itu, untuk menjadi seorang data scientist, diperlukan skill atau ketrampilan yang dibutuhkan antara lain:

Kemampuan Analisis Data

Kemampuan ini termasuk aspek penting ketika melakukan pekerjaan ini. Bukan hanya sekedar menganalisis, seorang data scientist juga harus mampu menghasilkan visualisasi data (penyajian data dalam format bergambar atau grafik sehingga mudah dipahami dan dianalisis).

Kemampuan Statistik

Secara sederhana, statistik yang digunakan dalam pekerjaan ini lebih kepada penggunaan sampel dan populasi. Selain itu, data scientist juga menggunakan statistik dasar untuk memberi gambaran pada data yang akan diolah dan dianalisis. Sehingga dapat menghasilkan data yang sesuai dengan perencanaan (dibutuhkan perusahaan).

Pada tahapan yang lebih tinggi, seorang data scientist harus memiliki kemampuan matematika dan statistik lanjutan dan penerapannya pada machine learning.

Baca Juga: 3 Trend Kerja di Indonesia dari Data Microsoft

Kemampuan pada Pemrograman

Sebagai data scientist, tentu harus mampu memiliki skill pemrograman layaknya seorang programmer. Adapun peran pemrograman sebagai data scientist adalah untuk ekstraksi data, membersihkan data, dan visualisasi data. Intinya, keterampilan ini dibutuhkan untuk mengubah data mentah menjadi pengetahuan yang bisa ditindaklanjuti.

Manajemen Basis Data

Keterampilan manajemen basis data ini sangat penting dimiliki. Pasalnya, 80% pekerjaan data scientist berhubungan dengan proses menyiapkan data. Manajemen basis data sendiri adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk mendefinisikan, memanipulasi, mengambil, dan mengelola data dalam database. Seorang data scientist yang memiliki keterampilan ini dapat mendefinisikan aturan guna memvalidasi dan memanipulasi data.

Pemahaman Bisnis

Selain pengetahuan mengenai teknis data, kamu juga harus memiliki pemahaman mengenai bisnis. Sering kali seorang data scientist berada dalam diskusi atau rapat bisnis yang ditugaskan untuk mengomunikasikan ide-ide kompleks dan membuat keputusan organisasi (perusahaan) berdasarkan data.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai data scientist yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Tertarik Menjadi Data Entry? ini Tipsnya


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian