5 Tips Menjadi Desainer Grafis yang Andal!
Siker.id | 19 Aug 2022 15:06


Bagikan ke
Tips menjadi desainer grafis yang andal (siker)

siker.id – Pada era digitalisasi kini, kebutuhan akan desainer grafis sangat diperlukan. Bagaimana tidak? Para desainer grafis ini banyak dibutuhkan oleh berbagai sektor. Mulai dari sektor komersial atau bisnis hingga kampanye-kampanye tertentu seperti kampanye sosial.

Potensi atau prospek dari desainer grafis ini bisa dibilang sangat besar, lho. Sebab, ke depan akan banyak pekerjaan yang menggunakan digital sebagai tools untuk melakukan proyek atau pekerjaan tertentu. Dilansir dari situs ekrut.com, para desainer grafis ini mempunyai tugas sebagai komunikator visual yang membuat konsep dengan tangan atau menggunakan perangkat lunak desain grafis khusus.

Para desainer grafis mengomunikasikan ide untuk menginspirasi, menginformasikan, atau melakukan kampanye persuasif terhadap konsumen melalui bentuk seni fisik dan virtual. Seni virtual ini mencakup gambar, kata, dan grafik yang dibuat semenarik mungkin oleh desainer grafis.

Nah, untuk menjadi seorang desainer grafis yang baik, tentu dibutuhkan keterampilan dan kualitas dalam menunjang pekerjaan tersebut. Di bawah ini sudah ada beberapa tips yang dapat kalian simak. Yuk!

Baca Juga: 3 Aplikasi yang Membantu Pekerjaan Desain Grafis

Belajar Ilmu Desain Grafis

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan belajar hal yang fundamental yakni, mempelajari ilmu desain grafis. Kini, sudah banyak sekali kursus online yang menyediakan pembelajaran terkait desain grafis. Selain belajar dari kursus online, kamu juga bisa belajar dari video YouTube ataupun informasi lainnya dari internet.

Belajar Menulis

Tips selanjutnya adalah belajar menulis. Pasalnya, desainer yang baik adalah komunikator yang baik. Tidak hanya belajar gambar yang kreatif, tetapi desainer juga harus belajar komunikasi. Belajar untuk mengomunikasikan ide dan konsep dengan bahasa yang enak dan menarik.

Tentukan Spesialisasi Desain

Tips ketiga, menentukan spesialisasi desain. Sama halnya seorang dokter, desainer juga memiliki spesialisasi. Contohnya saja, memiliki spesialisasi pada desain iklan, desain user interface website atau mobile app, desain tipografi, atau pun desain icon set.

Setelah itu, cobalah kenali semua bidang khusus yang kamu minati. Lalu lihat lagi, mana yang ingin lebih kamu dalami, dan bisa membuat kamu enjoy untuk mempelajari desain grafis.

Baca Juga: Berikut Peran Penting Desain Grafis Bagi Mahasiswa

Mulailah Membuat Portofolio

Dengan membuat portofolio, berarti calon klien-mu dapat melihat hasil karyamu terlebih dahulu sebelum memakai jasa desainmu. Selain itu, akan ada banyak kompetitor yang menyaingi karya desainmu. Maka dari itu, ada baiknya membuat portofolio dari sekarang dan buat semenarik mungkin.

Bersosialisasi dengan Desainer Grafis Lainnya

Tips terakhir yang dapat kamu coba adalah dengan memiliki relasi yang luas antar sesama desainer grafis. Tidak cukup dengan mengikuti komunitas desain, dengan menghadiri seminar, relasimu pasti juga akan bertambah.

Cobalah saling berkenalan dan bertukar sosial media yang kalian miliki. Dengan memiliki jaringan yang luas, tentu akan meningkatkan keterampilan yang kamu miliki.

Nah, itu tadi 5 Tips Menjadi Desainer Grafis yang Andal yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Beberapa Kampus dengan Jurusan Desain Produk Terbaik


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian