4 Manfaat Berpikir Positif
Siker.id | 19 Aug 2022 13:15


Bagikan ke
Manfaat berpikir positif (siker)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id – Pernah gak sih waktu kalian melakukan pekerjaan atau sesuatu terkadang kita berfikir pesimis? Merasa bahwa hal yang kita lakukan tidak akan tercapai? Pastinya di suatu titik kita pernah mengalami hal tersebut. Namun, alangkah baiknya kita selalu memiliki pikiran yang positif, ya! Pasalnya, ketika kita berfikir positif, semua hal bisa yang kita anggap susah, berat, atau tidak mungkin bisa saja berubah menjadi sebuah optimisme.

Menurut Susetyo (1998), berpikir positif berarti, kemampuan berpikir seseorang untuk memusatkan perhatian pada sisi positif dari keadaan diri, orang lain, dan situasi yang dihadapi. Untuk itu, dalam kondisi apapun penating bagi kita untuk selalu berfikir positif sehingga pikiran kita nantinya jernih ketika bertemu dengan segala masalah yang ada.

Lalu, apa saja manfaat dari berpikir positif ini? Yuk, simak di bawah ini, ya!

Baca Juga: 3 Manfaat Positif Melakukan Kegiatan Produktif

Mengurangi Stres

Manfaat pertama yang bisa kamu petik adalah berkurangnya stres. Ketika dihadapi oleh situasi yang menyebabkan stres, orang yang berpikir positif dapat mengatasi situasi tersebut lebih efektif dibandingkan dengan pemikir negatif.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa ketika orang optimis menghadapi kekecewaan (contohnya seperti tidak diterima kerja atau gagal naik jabatan), mereka lebih cenderung untuk fokus pada hal-hal yang dapat mereka lakukan dalam mengatasi situasi tersebut.

Memerangi Depresi

Manfaat selanjutnya adalah memerangi depresi. Dengan mengubah cara berpikirmu menjadi positif, maka kamu akan dapat memerangi depresi. Terapi kognitif yang mengubah pola berpikir dapat meningkatkan perasaan seseorang, dan juga menjadi bagian utama dari pengobatan depresi.

Baca Juga: 3 Dampak Positif Jika Disiplin Kerja

Mudah dalam Menerapkan Pola Hidup Sehat

Manfaat ketiga yang dapat kamu rasakan dari adanya pikiran positif ini adalah mudah dalam menerapkan pola hidup sehat. Mampu berpikir positif juga berdampak signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Misalnya berkaitan dengan pola hidup sehat.

Kamu pun bisa melihat apa saja yang berpotensi membahayakan diri, mampu mengurangi kebiasaan buruk, gaya hidup tak sehat, serta bisa memilih menerapkan pola hidup positif untuk kesehatan jiwa dan fisik.

Memperkuat Imun Tubuh

Manfaat terakhir adalah memperkuat imun tubuh. Ya, dengan banyak berpikir secara positif, tentu akan mencegah penyakit fisik. Hal ini sesuai studi yang dilansir dari John Hopkins Medicine, bahwa pikiran negatif dapat menyebab imun tubuh melemah.

Sebaliknya, jika ingin kekebalan tubuh aktif, sering-seringlah menjaga kesehatan pikiran dengan bersyukur dan mengisinya dengan hal-hal positif bagi jiwa.

Nah, itu tadi 4 Manfaat Berpikir Positif yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Tips Membangun Hubungan Kerja Yang Positif


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian