4 Tanggung Jawab Seorang Supervisor
Siker.id | 18 Aug 2022 15:00


Bagikan ke
Tanggung jawab seorang supervisor (siker)

siker.id – Dalam sebuah perusahaan, diperlukan pengawasan yang baik saat pekerjaan-pekerjaan perusahaan dilaksanakan. Oleh karena itu, adanya seorang supervisor atau pengawas dapat mengawasi pelaksanaan pekerjaan tersebut.

Dikutip dari thebalancecareers.com, supervisor atau pengawas adalah sebuah posisi manajerial yang secara sederhana bertugas dalam mengawasi dan mengelola tim atau kelompok kecil. Seorang yang berada di posisi ini umumnya memiliki wewenang untuk memberikan perintah/tugas serta menjadi penghubung antara staf dengan atasan yang lebih tinggi. Di samping itu, posisi supervisor biasanya berada di tingkatan manajemen lini pertama atau tengah, dengan beberapa posisi di atasnya.

Lalu, apa saja tanggung jawab seorang supervisor? Berikut ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Apa Persamaan dan Perbedaan Supervisor dan Manager?

Memastikan Pelaksanaan Pengawasan

Tugas pertama yang perlu dilakukan seorang supervisor adalah melakukan pengawasan atau pengontrolan. Termasuk dalam hal ini adalah bagaimana evaluasi pelaksanaan pekerjaan harian dalam mencapai rencana atau strategi bisnis. Dengan kata lain supervisor bertugas menentukan parameter capaian kinerja karyawan.

Menjaga Hubungan

Tugas selanjutnya adalah menjaga hubungan. Kedudukan seorang pengawas berada di tengah-tengah antara karyawan dan manajer. Maka dari itu, supervisor juga berfungsi sebagai penghubung dan penjaga koneksi agar alur komunikasi antara karyawan dan manajer dapat berlangsung dengan baik.

Baca Juga: Ingin Jadi Supervisor? Lakukan Cara Ini

Mengembangkan Potensi Karyawan Baru

Seorang supervisor tidak hanya bertanggung jawab dalam memberikan pelatihan seperti, membantu mereka memahami peran mereka dan mendukung mereka selama masa transisi mereka. Namun, juga bekerja sama dengan HR, untuk memberikan lingkungan kerja yang dapat mengembangkan potensi dari karyawan tersebut.

Melakukan Penyelesaian Masalah

Tak jarang terjadi perbedaan pendapat hingga perselisihan antar karyawan. Ini merupakan tugas supervisor yang harus dapat menyelesaikan masalah ini seperti menjadi mediator. Namun, jika pada kasus yang besar atau krusial, maka supervisor bisa menghubungi pihak HR untuk mendapatkan penyelesaian yang tepat.

Nah, itu tadi 4 Tanggung Jawab Seorang Supervisor yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Berikut 4 Jenis Pelatihan Skill Karyawan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian